Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Perjasi Sumut Akan Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi BNSP Sektor Konstruksi

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Perkumpulan Rekanan Jasa Konstruksi Indonesia (Perjasi) Sumatera Utara bekerja sama dengan Forum Lintas Rekanan Jasa Konstruksi Forjasi Indonesia sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Pelatihan Sertifikasi Mandiri (P3SM) BNSP Sektor Konstruksi akan mengadakan pelatihan Asesor Kompetensi.

IMG-20240227-124711

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Ketua LPJK Nomor 5 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Ketua LPJK No. 20/SE/LPJK/2021 tentang Pedoman Pemberian Rekomendasi Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pencatatan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Terlisensi, serta Daftar Penyesuaian Standar Kompetensi Kerja dan Jabatan Kerja Konstruksi, bahwa salah satu persyaratan pemberian Rekomendasi Lisensi LSP adalah memiliki Sarana dan Prasarana Tempat Uji Kompetensi (TUK)

Melihat perkembangan masih minimnya TUK di wilayah Provinsi Sumatera Utara, potensi untuk mengembangkan TUK sekaligus memenuhi kebutuhan Asesor masih sangat dibutuhkan karena jumlah pelaku usaha sektor jasa konstruksi di Sumut sangat banyak yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota.

Fakta yang ada di lapangan, saat ini hampir 50% perusahaan jasa konstruksi yang ada di Sumut dalam keadaan mati izin usahanya karena sangat minimnya tenaga ahli ataupun SDM yang bersertifikasi sebagai syarat memenuhi dapat diterbitkankannya Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Sekretaris Umum Perjasi Sumut M. Nazmi Matondang, ST mengatakan dengan pelatihan ini diharap tercipta asesor yang kompeten dan berintegritas dalam membantu serta menunjang Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK) untuk melayani dan mempermudah proses permohonan SKK di berbagai jenjang dan jabatan kerja dan menghasilkan SKK/SDM yang handal.

Karena itu, ia mengajak pngurus maupun anggota, perusahaan dan profesi maupun masyarakat jasa konstruksi lainnya yang memenuhi persyaratan menjadi asesor agar mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan yang direncanakan akan diadakan pada bulan Juli 2023 di Medan. (budi triono)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *