IMG-20240501-WA0019

Deteksi Dini Kesehatan, Yonmarhanlan I Laksanakan Urikes Rutin

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Untuk mendeteksi dini tingkat kesehatan prajurit, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) rutin tahun 2022 di Gedung Dinas Kesehatan Lantamal I Jalan Bengkalis Belawan, Rabu (17/5/22).

IMG-20240227-124711

Urikes rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana kontrol untuk mengetahui status kesehatan prajurit Petarung Yonmarhanlan I dan juga sebagai syarat bagi prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), ataupun untuk kelengkapan persyaratan sekolah atau pengembangan pendidikan lainnya.

Selain itu manfaat urikes adalah sebagai sarana deteksi dini kesehatan personel. Dengan mengikuti urikes dapat mengetahui kondisi kesehatan sesungguhnya.

Apabila dalam urikes ini ada ditemukan gangguan atau kelainan kesehatan, maka akan dilakukan tindakan lanjut oleh Dinas Kesehatan untuk penanganan selanjutnya.

Urikes kali ini merupakan bentuk peduli kesehatan terhadap diri sendiri, dengan pemeriksaan darah rutin dan urine juga pemeriksaan kesehatan telinga, hidung tenggorokan, jantung, gigi serta pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG).

Ditempat terpisah, Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi Umar mengatakan urikes rutin merupakan salah satu sarana kontrol untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan prajurit, dengan deteksi dini kondisi kesehatan prajurit. Sehingga setiap prajurit dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing.

Sehingga diharàpkan setiap prajurit memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima untuk selalu siap dalam menjalankan setiap penugasan.

“Tujuan urikes ini untuk mendeteksi apakah ada gejala atau gangguan kesehatan, sehingga bila ada indikasi gangguan kesehatan, maka dapat diambil tindakan cepat dan tepat untuk pencegahannya. Diharapkan kesadaran setiap personel dalam menjaga kesehatannya untuk mendukung setiap pelaksanaan tugas yang akan dihadapi,” pungkas Danyonmarhanlan I Belawan.(P.Sitorus / Yonmarhanlan 1)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *