IMG-20240501-WA0019

Naik Trail, Kapolres Landak Patroli Karhutla

IMG-20240409-WA0076

Landak, TRIBRATA TV

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan didampingi para Pejabat Utama melakukan patroli Karhutla di kawasan hutan wilayah Kecamatan Air Besar, Sabtu (15/4/2023).

IMG-20240227-124711

Dengan Trabas menggunakan Motor Trail, Kapolres bersama rombongan menyusuri hutan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau yang panjang ini.

AKBP I Nyoman Budi Artawan menjelaskan selain patroli Karhutla kegiatan tersebut juga untuk mencegah pencurian yang bersumber dari alam dan hutan seperti kayu dan mineral lainnya.

“Menindak lanjuti perintah serta arahan Kapolda Kalbar tentang antisipasi dan juga penanganan karhutla terkait musim kemarau panjang, yang rawan akan kebakaran serta menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat akan mudik sehingga menjadi atensi kabut asap yang mengakibatkan gangguan jalur penerbangan”, tambah Kapolres

Menurutnya saat berdialog dengan Kepala Desa Sekendal Pdt. Gianto Karel Sirundunan, masyarakat disekitar hutan rata-rata adalah petani dan ada beberapa yang bertani dengan memanfaatkan lahan Perhutani. Untuk membersihkan semak belukar sering dengan dibakar tanpa pengawasan.

“Kadang ada yang membakar semak belukar, tanpa pengawasan, dan hal itu sangat berbahaya, karena api dapat merembet dan membesar apalagi banyak rerumputan kering di musim kemarau”, jelas Kapolres.

“Karhutla jadi atensi pemerintah, maka dalam membuka lahan tidak boleh dengan cara membakar maupun menggunakan pupuk yang berbahaya”, tutup Lulusan Akademi Polisi tahun 2004 ini. (Hasan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *