IMG-20240501-WA0019

Pemadaman Bergilir di Simeulue Akibat Mesin PLTD Lasikin Rusak

IMG-20240409-WA0076

Simeulue, TRIBRATA TV

Pemadaman listrik yang sering terjadi di Kabupaten Simeulue, Aceh disebabkan mesin MTU 12V 4000 PLTD Lasikin mengalami gangguan berat.

IMG-20240227-124711

“Komponen dalam mesin terlepas dan mengakibatkan mesin jebol. Hal ini akibat overload beban saat beroperasi,” kata Niazi, Tim Leader PLTD Lasikin, kepada Kapolsek Simeulue Timur AKP Azwir, Jumat (14/4/2023) malam.

AKP Azwir didampingi Kanit Intel, Kanit Propam dan Kapospol Teupah Tengah meninjau PLTD Lasikin untuk mengecek penyebab pemadaman listrik secara bergiliran di Simeulue.

Juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan pihak PLTD yang sedang melaksanakan pemasangan mesin di PLTD Lasikin.

Menurut Niazi, mesin Caterpillar unit 11 dan unit 13 juga mengalami gangguan kebocoran air pada sisi silinder head. “Saat ini teknisi dari PLTD Lasikin menunggu material dari Medan yang akan sampai besok (15 April 2023),” jelas Niazi.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Simeulue agar bersabar, karena mesin yang mengalami gangguan terus dilakukan perbaikan dan diupayakan besok satu mesin dari PLTD Kampung Aie yang baru selesai perawatan rutin akan masuk kembali ke sistem kelistrikan Simeulue,” tambah Niazi.

Dikatakannya saat ini teknisi PLTD Lasikin juga sedang mempercepat pekerjaan pemasangan mesin pembangkit listrik yang direlokasi dari Kota Fajar. Diperkirakan pada hari Selasa (18 April 2023) akan menambah pasokan listrik di Kepulauan Simeulue.

Sementara Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko melalui Kapolsek Simeulue Timur AKP Azwir meminta kepada pihak PLTD Lasikin jika ada kejadian sekecil apapun agar langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian khususnya Polsek Simeulue Timur untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai berita hoaks yang dapat meresahkan masyarakat ucapnya,” ucapnya. (Febii/M zeb)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *