IMG-20240501-WA0019

Ringankan Beban Warga Jelang Idul Fitri, Pemkab Tapteng GPM

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Tengah, TRIBRATA TV

Masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapteng, dengan melakukan Gerakan Pangan Murah (PGM).

IMG-20240227-124711

Kegiatan tersebut sudah di tunggu-tunggu warga, sebab harga sembako dalam kegiatan itu lebih murah dan mampu membantu perekonomian masyarakat.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pj Bupati Dr Sugeng Riyanta SH MH, untuk membantu masyarakat di Tapteng, terkhusus menjelang Idul Fitri tahun 2024/1445 H, Pemkab Tapteng, menggelar PGM di halaman GOR Pandan, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Badan Pangan Nasional melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Tapteng. Sebelumnya terlebih dahulu diawali dengan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan melalui Zoom meeting, yang dilakukan serentak di tingkat propinsi dan Kabupaten Kota se-Indonesia.

Pj Bupati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tapteng, Ny Ade Sugeng Riyanta, saat membuka kegiatan ini menyampaikan untuk kesekian kali, ia menghaturkan terima kasih kepada segenap stakeholder yang berpartisipasi dalam Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar beberapa hari lalu.

“Kedepan kegiatan ini akan terus kita lakukan untuk menjaga stabilisasi harga, pengendalian tingkat inflasi dalam rangka menghadapi Hari-hari Besar Keagamaan,” katanya.

Lanjut Pj Bupati Tapteng, ia berharap GPM atau gerakan lain yang sejenis dapat terus dikoordinasikan dengan baik, dapat dilaksanakan secara simultan dan tidak berhenti hanya pada hari ini.

“Dalam menghadapi hari besar keagamaan ini biasanya secara teori ekonomi ketika permintaan meningkat, daya belinya meningkat sementara pasokan di pasar terbatas maka dipastikan terjadi kenaikan harga, oleh karena itu perlu dilakukan Gerakan Pangan Murah untuk menekan tingginya harga tersebut,” ujarnya.

Adapun jenis Komoditas yang dijual diantaranya Beras SPHP, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, Kentang, kue kering dan syrup

Turut Hadir Sekretaris Daerah Tapteng Dr Hotmansah Erwin Harahap, S.STP, MM, Mewakili Forkopimda Tapteng, mewakili BPS Tapteng, Kepala Perum Bulog KCP Sibolga, Kepala KPPN Sibolga, Para Asisten Sekdakab Tapteng dan Para Pimpinan OPD, Camat Pandan dan Lurah se Kecamatan Pandan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) serta Stakeholder yang terlibat.

IMG-20240310-WA0073