Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Kapolres Nisel: Pemilu Berjalan Baik dan Kondusif

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Sebagai salah satu negara paling demokratis di dunia, Indonesia memiliki keunikan tersendiri sekaligus tantangan dalam menyelenggarakan pemilihan umum secara serentak di seluruh bagian wilayah Indonesia.

IMG-20240227-124711

Ini akan memberikan hak berdemokrasi kepada seluruh masyarakat Indonesia  yang tersebar di seluruh daerah, untuk memilih calon legislatif yang akan mengemban amanat suara rakyat di badan legislatif serta memilih calon Presiden dan Wakil presiden RI di pemilu 2024, khususnya di Nias selatan.

Pemilu 2024 di Nias selatan telah terlaksana dengan aman dan damai, khususnya dalam tahapan demi tahapan sampai pada penghitungan suara pada sidang pleno KPU Nias Selatan yang telah berakhir pada hari Selasa tanggal 05 Maret 2024 telah tuntas dilaksanakan.

Atas hal tersebut yang telah berjalan dengan baik,Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono diundang secara khusus dalam dialog interaktif secara podcast online di RRI Teluk dalam dengan topik pembahasan “Kolaborasi dan Koordinasi Yang Baik, Menghasilkan Pemilu Nias Selatan Yang Aman dan Kondusif” pada Jumat, 8 Maret 2024.

Pada dialog interaktif tersebut Kapolres menyampaikan pemilu 2024 di Nias Selatan banyak perubahan dan perbaikan dari pemilu sebelumnya. Dimana kolaborasi yang baik telah tercipta antara Forkopimda dan hubungan yang terjalin baik dengan awak media juga menjadi faktor pendukung pemilu dapat terlaksana dengan baik.

“Seperti pemilu yang sudah pernah terlaksana sebelumnya bahwa keterlambatan distribusi logistik menjadi salah satu faktor hambatan pelaksanaan pemilu di Nias Selatan. Namun untuk tahun 2024 ini,hal tersebut sudah bisa diantisipasi dengan dijalankan dan diciptakannya komunikasi yang baik dari setiap unsur lembaga, institusi dan masyarakat Kabupaten Nias Selatan,”tuturnya.

“Dalam melaksanakan pengamanan pemilu 2024, Polres Nisel mengerahkan 829 personil gabungan Polres Nisel dengan BKO Polda Sumut dan Brimob. Tentunya semua personil telah dipersiapkan dengan berbagai pelatihan-pelatihan seperti latihan dalmas, simulasi pengamanan pemilu, dan selain itu, kita juga mendapat dukungan pengamanan dari TNI yang ada di Kabupaten Nias Selatan baik itu Lanal Nias dan Koramil Teluk Dalam,” katanya.

Dikatakannya semua personil yang tersebar melaksanakan pengamanan wajib melewati medan sulit yang harus ditempuh, mulai dari jalanan curam berbatu sampai daerah kepulauan yang harus ditempuh dengan menyeberangi lautan.

“Hal ini tentunya harus mendapat perhatian khusus dari kita,khususnya saya sebagai Kapolres Nias Selatan, tentunya saya ikut turut mengawasi dengan selalu berkomunikasi dengan anggota di lapangan sambil memberi suport kepada seluruh rekan-rekan secara bergantian bersama Forkopimda,KPU dan Bawaslu,” tambahnya.

Medan sulit tersebut, kata Kapolres, merupakan effort tersendiri. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik adalah cara tercepat untuk mitigasi setiap permasalahan dan potensi lebih awal dan tingginya kesadaran masyarakat dalam mendukung pemilu damai 2024 merupakan nilai utama berhasilnya tercipta pemilu damai ini.

IMG-20240310-WA0073