Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Bupati Nias Resmi Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias Ya’atulo Gulo membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Gedung Serba Guna Howu-howu Lasara-Gido, Rabu (28/02/2024).

IMG-20240227-124711

Hadir Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus Panjaitan, Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara yang diwakili, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Pimpinan Instansi Vertikal BUMN/BUMD, Ketua TP-PKK se-Kabupaten Nias, Akademisi Perguruan Tinggi, Ketua Cabang Olahraga Kabupaten Nias, Para Kepala Sekolah dan Komite, Kepala Desa se-Kabupaten Nias, Tim Delegasi Kecamatan se-Kabupaten Nias.

Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Nias, Alvien Christopher Lase melaporkan tujuan pelaksanaan Musrenbang ini adalah Menyepakati Permasalahan Pembangunan Daerah, Menyepakati Prioritas Pembangunan Daerah dan Penyelarasan Program Pembangunan Daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Alinuru Laoli mengatakan bahwa anggota DPRD Kabupaten Nias senantiasa mendukung seluruh Program Pembangunan di Kabupaten Nias demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap agar penyusunan RKPD ini didapatkan dari hasil keputusan-keputusan yang objektif dan efektif sehingga dapat menjadi momentum bagi kemajuan Kabupaten Nias. Atas nama DPRD Kabupaten Nias mari bersatu dalam membangun Kabupaten Nias tanpa ada satupun perbedaan,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus Panjaitan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias.

Musrenbang ini bukan hanya formalitas saja, namun harus membahas substansi tahunan kebijakan pembangunan yang kompleks dan dinamis serta harus membangun kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Nias Ya’atulo Gulo mengatakan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Tahun 2025 kali ini berfokus pada Pengembangan Kewirausahaan dan Stabilisasi Ekonomi Kerakyatan menuju Kemandirian Ekonomi yang Berkelanjutan.

Lanjutnya, bahwa Target dan fokus tahun 2025 adalah Peningkatan dan Pengentasan Desa Terisolir, Peningkatan Nilai Sakip Pemerintah Kabupaten Nias, Meningkatkan PAD, Pelatihan Kewirausahaan dan Inovasi Pelayanan Perangkat Daerah Kabupaten Nias, Pembangunan yang berkualitas agar visi-misi dapat terwujud.

Tantangan dalam mencapai target tersebut bukan jadi halangan untuk tetap bekerja keras mengoptimalkan sumber daya yang kita miliki.

Saat ini arah pembangunan difokuskan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Daerah yang didukung oleh peningkatan Sektor Pertanian, Perindustrian dan Perdagangan yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

IMG-20240310-WA0073
Penulis: F LaseEditor: Aqila