Kapolres Tebing Tinggi Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Tebing Tinggi, TRIBRATA TV

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, memimpin Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023- 2024 untuk pengamanan tahap pemungutan suara Pemilu di Lapangan Apel Polres Tebing Tinggi, Senin (12/2/2024).

IMG-20240227-124711

Hadir juga dalam kegiatan, Waka Polres Kompol Asrul Robert Sembiring, para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek se-jajaran, para Perwira dan Bintara Polres Tebing Tinggi.

Dalam amanatnya, Kapolres mengatakan proses pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2024 pada hari Rabu 14 Februari 2024 akan dilakukan pengamanan penghitungan pemungutan dan rekapitulasi suara yang merupakan bagian penting Operasi Mantap Brata.

“Oleh karena itu, penting bagi setiap anggota Kepolisian untuk memahami tugas, wewenang kewajiban yang diatur oleh Undang-Undang maupun peraturan yang menjadi Standar Operasional Prosedur dalam hal pengamanan tahapan pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi suara, memiliki kerentanan dan sensitivitas politik yang tinggi, sehingga bisa menimbulkan gangguan kamtibmas di wilayah Indonesia. Berbagai pelanggaran dapat memicu konflik dalam kontestasi pelaksanaan Pemilu nantinya, pelanggaran yang terjadi, baik pelanggaran ringan maupun pelanggaran berat,” paparnya.

Apabila tidak ditangani dengan profesional, dapat berujung pada dilaksanakannya pemungutan suara ulang, bahkan sampai pada tahap sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi.

“Polres Tebing Tinggi memiliki 1.023 objek pengamanan TPS, yang terdiri 517 TPS di wilayah kota Tebing Tinggi dan 506 TPS di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. Sesuai dengan indeks potensi kerawanan pemilu (ipkp), di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi terdapat 1.017 TPS dengan kategori kurang rawan / aman dan 6 TPS dengan kategori rawan yang terdapat di wilayah kabupaten Serdang Bedagai yaitu 2 TPS di Desa Dolok Merawan serta 4 TPS di Desa Mariah Nagur Kecamatan Sipispis,” lanjutnya.

Kapolres berharap proses pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu dapat berlangsung damai, aman dan kondusif.

“Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan keselamatan dan kekuatan kepada kita agar mampu melaksanakan tugas pengamanan dengan berhasil dan sukses,” pungkasnya.