IMG-20240501-WA0019

Pemkab Sitaro Gelar Rakor Kesiapan Jaringan Internet untuk Pemilu

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), atas tindakan lanjut terhadap komitmen pemerintah kepada penyelenggara Pemilu tentang kesiapan sistem jaringan internet dan telekomunikasi di daerah oleh semua penyedia jaringan internet dan telekomunikasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan lewat virtual, Selasa (06/02/2024).

IMG-20240227-124711

Tidak lanjut kegiatan ini berdasarkan hasil KPUD Kabupaten Siau Tagulandang Biaro yang telah melaksanakan Rapat Koordinasi Management Resiko Tata kelola Logistik Pemilu 2024 di Ballroom Litle House, pada Jumat (26/01/2024).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Stanly C. F, Tukunang mengatakan, pemerintah daerah memiliki tugas memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran penyelenggaraan Pemilu sebagai upaya mencapai Pemilu yang demokratis.

“Sesuai Pasal 434 ayat (1) dan (2) UU No. 7 Tahun 2017 untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan Pemilu, pemerintah pusat dan Pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Stanly.

Dalam rapat lewat virtual tersebut juga dari pihak PT Telkomsel, Didi S mengatakan, Telkomsel telah mempersiapkan Tim dalam penanganan jaringan telekomunikasi pada saat Pemilihan Umum nanti.

“Menyangkut tantangan Ketika pasokan listrik padam dari pihak PT. PLN maka
PT. Telkomsel telah menyediakan kendaraan genset untuk membekap
BTS yang tidak memiliki pasokan listrik cadangan,” katanya.

PT, Telkom, Andrew menjawab juga apa yang menjadi solusi permasalahan ini, “PT. Telkom akan siap sedia dalam membantu, bahkan dengan Tim untuk penanganan jaringan internet yang di butuhkan pada saat Pemilihan Umum dan suksesnya pemilu 14 februari nantinya.”

Suban, Kordinator PT.LTI menjawab permasalahan ini, PT. LTI siap dengan Tim dalam pengamanan jaringan Feiber Optik bawah laut mulai dari Maluku Utara (Morotai) ke Talaud, Tahuna hingga ke Sitaro akan berjalan lancar.

Tambah Suban lagi,menanggapi kondisi jaringan Fiber Optik bawah laut yang mengalami sedikit masalah pada jalur Talaud ke Tahuna, namun keadaan tersebut, masih aman dalam beberapa bulan ke depan.

“Kami belum memberikan kepastian tentang Fiber Optik bawa laut yang beberapa bulan ini, mengalami sedikit gangguan, namun menurut kami masih aman dalam beberapa bulan ke depan,” kata Suban.

Dengan masalah sedikit kurang normalnya Fiber Optik bawa laut menurut Kordinator PT.LTI, Suban, Kadis Kominfo Kabupaten Sitaro memastikan jalur fiber optik bawah laut dari Maluku Utara (Morotai) ke Talaud, Tahuna hingga ke Sitaro abnormal, masih bisa terkendali.

“Pak Suban Kordinator PT.LTI berkomitmen hal tersebut masih bisa dipergunakan pada saat pemilu 14 Februari 2024 nanti hingga beberapa bulan kedepan,” tutup Stanly

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000