KPU Sitaro Gelar Rakor dan ToT Fasilitator PPK dan PPS

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Sebelum mendekati pencoblosan Pemilu 14 February 2024, dan untuk melaksanakan tahapan, program dan jadwal Pemilihan umum 2024, KPU Kabupaten Sitaro menggelar Rapat Koordinasi dan Training Of Trainers (TOT) Fasilitator PPK & PPS se-Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, dalam Bimtek KPPS untuk Pemilu 2024. Acara diadakan di Gedung Auditorium Pemkab Sitaro, Ondong Siau Barat, Rabu (25/01/2024).

IMG-20240227-124711

Pada saat agenda pelantikan KPPS se-wilayah Siau Barat dan Siau Tengah, agenda KPUD Kabupaten Kepulauan Sitaro diawali dengan melakukan penghijauan berupa penanaman bibit pohon di taman pala Pemkab Sitaro. Kegiatan Penghijauan ini dibuka Pj Bupati Joi E B Oroh.

Tujuan penghijauan yang dilakukan oleh KPU bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Karangetang Mandolokang Kolo ini, sesuai penuturan Ketua Komisi Pemilihan Umum Stevanus Kaaro dalam sambutannya pada pembukaan tersebut mengatakan, “Sangat penting untuk mempertahankan kelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem, maka salah satu cara untuk melakukannya atas kerusakan ekosistim yang akan dilakukan pada pemilu tahun 2024 di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri, di lain sisi proses penyelenggaraan pemilu telah menggunakan banyak kertas yaitu sebanyak 65.998.000 kg. Maka Kegiatan peduli lingkungan dan kelestarian alam ini perlu diadakan.

BACA JUGA  Beri Rasa Aman, Polres Tebing Tinggi Patroli Skala Besar

Lanjut Kaaro, “Tujuan dari program penanaman pohon serentak oleh Penyelenggara dan Pemerintah adalah untuk memberikan kontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi bentuk kepedulian sosial dari KPUD dan KPPS terhadap lingkungan di sekitar wilayah tempat mereka bertugas”.

Dalam sambutannya Pj Bupati Joi B E Oroh mengatakan, “Dengan penanaman pohon serentak secara nasional ini Pemerintah Kabupaten Sitaro memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada penyelenggara daerah KPUD dan KPPS Kab-Sitaro”.

Penyelenggara Pemilu Kabupaten, khususnya di Sitaro yang telah memberikan kontribusi yaitu mengembalikan atas hutan dari pohon kita yang di pergunakan oleh penyelenggara pemilu dalam bentuk kertas suara yang begitu banyak sekitar 65.998.000 kg.

Joi Oroh menambahkan dengan pilihan pohon yang disiapkan oleh KPUD dan KPPS berupa bibit pala yang akan di tanam.
Menurut Bupati tanam ini adalah salah satu komoditi masyarakat Kabupaten Sitaro yang sangat cocok untuk iklim kita bahkan sangat subur bagi daerah kita.

BACA JUGA  Jelang Hut Polairud Ke-72, Sat Polairud Polresta Tanjungpinang Gelar Bakti Sosial

Oroh juga menjelaskan bibit pala adalah Ikon Kabupaten Kepulauan Karangetang Mandolokang Kolo Kolo bahkan pala ini di kenal di manca negara adalah daerah kita yang penghasil pala terbaik di dunia.
Maka dengan kegiatan ini berarti pemerintah dan penyelenggara pemilu 2024 telah membantu pemerintah dalam membangun dan melestarikan alam dan ekonomi daerah dan bangsa kita, tutup Bupati.

Dalam kegiatan ini ditutup oleh ucapan terima kasih dari Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Sitaro,Fidel Malumbot.

Malumbot mengatakan terima kasih atas segala perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yaitu Pj Bupati Joi Eltino B Oroh telah bersama mendukung kegiatan reboisasi, penanaman hutan kembali yaitu hutan produksi seperti bibit pala.

Hal ini sebagai bentuk kontribusi kami telah mempergunakan hasil alam ini untuk penyelengaraan pemilu yang sudah di ambang pintu.

BACA JUGA  Buka Turnamen PTMSI, Kapolres OKI Ajak Patuhi Prokes

Lebih kedalam lagi ucapan terima kasih melalui dukungan dari Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup yang turu mengsuport seperti penyediaan bibit pala dan lahan bagi tercapainya kegiatan ini.

Lebih lanjut lagi Fidel mengucapkan terima kasih atas bantuan Ruangan yang sangat presentativ seperti Auditorium oleh Pemerintah Kabupaten Sitaro untuk penyelengaraan pelantikan PPPS se-Kecamatan Siau Barat, Siau Tengah, Siau barat Utara dan Barat Selatan selama 2 hari.

“Ini sangat membantu kami demi terselenggaranya Pemilu 2024 yang jujur dan adil,” tutup Fidel.

Kegiatan di hadiri oleh :
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sitaro Stevanus Kaaro
Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan Fidel Malumbot
Sekretaris KPU Nelwan Maloring
Sekretaris Daerah Denny Kondoj
Asisten l Novia Tamaka
Asisten lll dr Semuel Raule
dan seluruh kepala OPD
PPK Kecamatan Siau Barat
PPS Se- Kecamatan Siau Barat
Calon PPPS Se-Kecamatan Siau
Barat.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000