Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Satu Keluarga Tewas Terseret Longsor di Tapanuli Utara

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Tiga orang yang merupakan satu keluarga meninggal setelah mobil yang ditumpangi terseret longsor hingga masuk ke sungai. Peristiwa ini terjadi jalan Lintas Sumatera tepatnya di Pagaran Pisang Desa Sibalanga dan Dusun Parsikam Desa Pagaran Lambung I Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (3/2/2024) petang.

IMG-20240227-124711

Akibat longsor yang terjadi di 3 titik ini arus lalu lintas dari Tapanuli Utara menuju Tapanuli Tengah terputus.

Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak melalui Kasi Humas Aipda W. Baringbing mengatakan longsor terjadi, Sabtu, (3/2/2024) sekira pukul 17.30 WIB dan menimpa 7 mobil yang sedang melintas menuju kabupaten Tapteng.

Akibat longsor yang jatuh tiba-tiba itu, satu diantara 7 mobil itu terseret material longsor hingga masuk ke sungai. Tiga penumpang di dalam mobil itu ditemukan meninggal dunia.

Ketujuh mobil tersebut yaitu, Truck Fuso, mobil mitsubishi L300, 4 mobil pribadi jenis Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga serta mobil penumpang angkutan umum.

Korban meninggal dunia adalah suami istri dan anaknya yang berada di mobil Suzuki Ertiga yaitu, LG, (28), MG (29) dan anak balitanya UG (1,4) warga Jalan TB. Simatupang Kecamatan Medan Sunggal, Medan.

Untuk menanggulangi longsor dan mengevakuasi para korban, petugas kepolisian langsung bergerak ke lokasi dengan membawa 2 unit alat berat milik Pemkab Taput dan Pemkab Tapteng.

Sekitar pukul 23.00 WIB, mobil bisa dievakuasi dari timbunan tanah longsor serta mobil yang terseret ke sungai bisa dikeluarkan.

Sedangkan ke 3 korban penumpang mobil yang terseret ke sungai langsung dievakuasi dan sempat dibawa ke puskesmas terdekat.

Keterangan yang diperoleh, longsor terjadi diakibatkan curah hujan yang tinggi mulai siang hingga malam hari.

Pertama sekali terjadi longsor di Km 25 Desa Pagaran Pisang. Karena tanah menutup seluruh badan jalan lalu ke 7 mobil yang mau melintas menuju kabupaten Tapanuli Tengah berhenti di pinggir jalan menunggu ada perbaikan jalan.

Sekitar 1 jam berhenti, tiba-tiba bukit yang di sebelah kanan jalan tempat mobil parkir, longsor kembali dan menimpa 6 mobil tersebut serta mendorong 1 mobil ke sebelah kiri hingga ke sungai yang ada di bawah jalan.

Penumpang ke 6 mobil yang tertimpa tanah longsor selamat karena sempat keluar dari mobilnya. Saat mobil parkir menunggu ada bantuan, penumpang 6 mobil yang parkir keluar dari mobil dan istirahat di sebuah warung di dekat kejadian.

Sedangkan penumpang mobil yang terseret ke sungai tetap berada di dalam mobil karena hujan sangat deras menunggu ada bantuan penanggulangan.

Selain ke 7 mobil, rumah milik SM (53) juga tertimpa tanah sedang SM mengalami luka berat dan dibawa ke rumah sakit Sibolga.

Sekitar pukul 23.30 wib, atas kerja keras pihak kepolisian dan TNI jalan sudah mulai dilalui dengan satu arah namun tetap dalam penjagaan petugas kepolisian.

Hingga kini arus lalu lintas masih tetap satu arah karena jalan timbunan tanah longsor masih belum sepenuhnya bersih.

IMG-20240310-WA0073