Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Bupati Nias Kukuhkan Pengurus Kelompok KTNA 2023-2028

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias Ya’atulo Gulo mengukuhkan Pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Nias masa bhakti tahun 2023-2028 di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias, Jumat (19/01/2024).

IMG-20240227-124711

Hadir Wakil Bupati Nias Arota Lase, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, Ketua KTNA Provinsi Sumatera Utara, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Se-Kabupaten Nias, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan, Pengurus dan Anggota Kelompok KTNA Kabupaten Nias.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, Kabupaten Nias merupakan salah satu Kabupaten di wilayah Kepulauan Nias, yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, peternakan dan perikanan. sektor ini juga memiliki peran penting dalam penyediaan pangan bagi masyarakat, serta merupakan  lapangan pekerjaan utama penduduk di Kabupaten Nias.  Potensi yang dimiliki tersebut harus dikelola dengan baik karena merupakan penyangga dan motor penggerak dalam pembangunan perekonomian.

“Selamat kepada pengurus KTNA Kabupaten Nias yang baru dikukuhkan. Saya berpesan kepengurusan yang baru ini dapat mengemban amanah dan bekerja dengan baik serta dapat bersinergi dalam menumbuhkembangkan KTNA demi kemajuan pembangunan pertanian di Kabupaten Nias,” katanya.

Ia mengatakan pengukuhan ini sebagai pintu gerbang bagi pengurus KTNA Kabupaten Nias, untuk dapat berkontribusi secara nyata terhadap kemandirian dan kesejahteraan petani nelayan, agar lebih maju, mandiri dan modern.

Hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan kemampuan petani nelayan, peningkatan etos kerja, produktifitas dan nilai tambah usaha dengan memanfaatkan sumber daya dan kearifan lokal.

“Pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan dan seluruh stakeholder diharapkan untuk selalu bersinergi, dan berkolaborasi dalam mengambil peran sehingga melalui pengembangan sektor pertanian dan perikanan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias secara berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Bupati Nias.

KTNA merupakan sarana untuk memperjuangkan kepentingan para petani, peternak dan nelayan, sekaligus wadah untuk berdiskusi membahas masalah yang dihadapi petani atau nelayan dalam pengembangan usahanya, sarana konsolidasi, berkomunikasi, tukar informasi supaya terjalin kemitraan dengan pihak lain dalam mengembangkan dan mempromosikan hasil-hasil pertanian dan perikanan.

KTNA diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Nias dalam pelaksanaan program pembangunan pertanian baik pada sektor tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan, ketahanan pangan daerah maupun perikanan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Nias berharap agar KTNA di Kabupaten Nias dapat dimanfaatkan sebagai wadah bagi petani dan nelayan untuk mengembangkan wawasan dan penguasaan teknologi, akses permodalan, pemasaran serta aktifitas lainnya dalam mendukung peningkatan kesejahteraan petani/nelayan, mampu melahirkan ide-ide inovatif  dan memiliki terobosan-terobosan dalam hal pengembangan sektor pertanian/perikanan untuk kesejahteraan para petani dan nelayan di Kabupaten Nias. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073