IMG-20240501-WA0019

Sekda Nias Serahkan Bantuan Perlengkapan Siswa SMP Negeri Somolo-Molo

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai menyerahkan bantuan perlengkapan siswa jenjang pendidikan dasar dalam penghapusan kemiskinan ekstrem di SMP Negeri 1 Somolo-molo, Sabtu (06/01/2024).

IMG-20240227-124711

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Fatieli Lawolo menyampaikan bantuan tersebut bersumber dari Dana Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2023 kepada penerima manfaat.

Adapun siswa penerima manfaat yang terdiri dari siswa SD dan SMP di masing-masing wilayah Kecamatan Se-Kabupaten Nias telah ditetapkan sesuai dengan Data Hasil Verifikasi dan Validasi yang telah disampaikan masing-masing Kepala Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias pada bulan Desember tahun 2023.

Bantuan tersebut berupa, pakaian seragam SD warna Merah-Putih, Topi, Dasi SD, Kaos Kaki dan Sepatu. Sedangkan untuk siswa SMP yaitu, pakaian seragam SMP Warna Biru-Putih, Topi, Dasi, Kaos Kaki dan Sepatu.

Dalam arahannya Samson P. Zai mengatakan bantuan ini merupakan Dana Insentif Daerah yang didapatkan atas keberhasilan pencapaian Pengelolaan Keuangan Secara Digital sehingga atas kebijakan Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias dana tersebut direalisasikan melalui Bantuan Perlengkapan Siswa sebagai wujud perhatian Pemerintah untuk meningkatkan Mutu Pendidikan sekaligus Penghapusan Kemiskinan Ektrem di Kabupaten Nias.

Penyaluran bantuan ini menjadi prioritas karena Bupati Nias melihat masih banyak siswa yang membutuhkan perlengkapan sekolah dan tergolong dalam kelompok keluarga kemiskinan ekstrem.

Bantuan perlengkapan ini dianggap penting karena pendidikan adalah tonggak utama untuk membawa perubahan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini juga termasuk dalam Tujuan Pembangunan Nasional yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Di sisi lain, 3 hal yang menentukan kesejahteraan masyarakat yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan.

Pendidikan adalah faktor utama kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi-misi Bupati Nias “Pendidikan Beranjak”.

“Saya menghimbau kepada seluruh siswa untuk terus belajar agar masa depan menjadi lebih baik, raihlah prestasi sebanyak-banyaknya agar kalian dapat menjadi manusia yang berkualitas dan bermanfaat. Manfaatkanlah bantuan ini agar menambah motivasi dan semangat untuk belajar,” kata Sekda.

Ia juga berpesan kepada guru untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui aktivitas belajar mengajar. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *