Upaya Penanganan Darurat Erupsi Gunung Api Ruang Terus Dimaksimalkan

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro/, Provinsi Sulawesi Utara turun dari level IV (AWAS) menjadi Level III (Siaga).

IMG-20240227-124711

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga),” demikian keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di situs Magma Kementerian ESDM, Senin (22/4/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sulut Ir. Adolf Tamengkel, melalui Ir. Ar. Maurice Sabudu, ST Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Sulawesi Utara menuturkan sudah disalurkan bantuan tahap 1 dan 2. Dan tahap 3 akan disalurkan hari ini.

“Bantuan yang tahap pertama sudah disalurkan saat kejadian, bantuan tahap kedua juga sudah diberikan, dan bantuan tahap tiga rencananya akan dikirim dengan KM Lokong Banua siang ini jam 2 atau jam 3 akan dikirim langsung ke Tagulandang”, “tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Deputi IV) BNPB Jarwansyah yang telah berada di lokasi terdampak sejak 18 April 2024 mengatakan bahwa sejauh ini upaya tim satgas gabungan dalam penanganan darurat dan penyelamatan masyarakat terdampak sudah berjalan dengan baik.

Hingga sejauh ini tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa atas bencana vulkanologi tersebut sehingga hal ini tentunya harus disyukuri.

“Berdasarkan pantauan disana kondisi saat ini sudah normal kondusif. Kapal-kapal sudah beroperasi untuk evakuasi maupun pengiriman logistik. BNPB tentunya akan tetap mendukung untuk pendampingan yang belum tersentuh,” katanya.

Adapun, pendampingan termasuk keamanan harus tetap dilakukan oleh TNI dan Polri mengingat adanya aduan masyarakat yang takut kehilangan hewan ternak apabila mereka meninggalkan rumah untuk mengungsi.

“Juga kepada unsur yang terlibat dalam penanganan darurat agar menyiapkan skenario evakuasi dan penyelamatan yang perlu diantisipasi agar seluruh rangkaian penyelamatan masyarakat dapat dilaksanakan dan tidak menimbulkan jatuhnya korban, “tukasnya.

Diketahui, Kementrian Sosial dan Komando Daerah Militer XIII/Merdeka (Kodam XIII/MDK) telah mendirikan dapur umum. Selain itu, seng untuk menggantikan atap rumah warga yang rusak gegara lontaran batu pijar dari erupsi Gunung Ruang akan didistribusikan.

“Bantuan ada dapur umum dari Kodam, dapur umum dari Kemensos. Ada seng karena banyak warga yang rumah atapnya sudah pada bocor. Dari BNPB ada bantuan seng 10.000 lembar, tenda pengungsian 5 set, tenda keluarga 100 unit,” pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak dan operasional selama penanganan darurat, BNPB mengirimkan bantuan berupa tenda pengungsi 5 set, tenda keluarga 100 unit, light tower 4 unit, genset 4 unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, hygine kit 300 paket, matras 300 lembar, selimut 300 lembar, kasur lipat 150 lembar, masker 300 box, velbed 50 unit, toilet portable 10 paket dan survival kit pengungsi 300 paket.

Adapun bantuan dikirimkan menggunakan pesawat melalui Gorontalo yang kemudian diangkut menggunakan 5 truk dari Gorontalo menuju pelabuhan Bitung, akan dimuat Kapal Ferry. Alternatif ini diambil setelah Bandara Sam Ratulangi di Kota Manado masih ditutup hingga 21 April 2024 pukul 12.00 WIB.

Selanjutnya sisanya dibongkar masuk ke kapal Kakap TNI AL. Adapun skenarionya apabila tidak termuat semua akan disimpan di posko pangkalan kapal TNI AL untuk diangkut pemberangkatan berikutnya.

Selain logistik dan peralatan, BNPB juga mengirimkan satu unit helikopter untuk mendukung segala keperluan kedaruratan, baik untuk mengangkut logistik dan peralatan maupun evakuasi warga. Helikopter ini telah disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado pada hari ini, Sabtu (20/4/2024)

Di sisi lain, dukungan juga datang dari Basarnas yang telah menggerakkan KM Bima Sena untuk membantu evakuasi warga terdampak termasuk pendistribusian logistik ke Kecamatan Tagulandang.

IMG-20240310-WA0073
Penulis: Jemi LahutungEditor: Aqila
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000