IMG-20240501-WA0019

Pj Bupati Tapteng Apresiasi PJS Bantu Keluarga Marince Manalu

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Tengah, TRIBRATA TV

Pj Bupati Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), Dr Sugeng Riyanta SH, MH, mengapresiasi salah satu organisasi wartawan yang membantu seorang janda anak tiga yang rumahnya rubuh beberapa hari lalu.

IMG-20240227-124711

“Saya salut kepada organisasi wartawan ini, tentu depan kita akan melakukan hal-hal yang paling berguna dan dapat saling memberikan bantuan kepada warga sehingga tanpa anggaran dari Pemerintah kita bisa bersatu dan memberikan bantuan. Hal ini sebagai wujud nyata bahwa memang “Horas Tapteng” itu terwujud di Tapteng ini,” ujarnya, Sabtu (16/3/2024).

Diketahui Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Pro Jurnalismedia Siber (PJS), Sibolga-Tapteng, pada Selasa (12/3/2024) lalu menyambangi rumah Marince Manalu untuk memberikan bantuan sembako. Dana bantuan tersebut diperoleh dari donasi anggota dan pengurus DPC PJS Sibolga-Tapteng.

Sebelumnya Pj Bupati mendapat informasi dari Jainal Silaban, Kepala Desa (Kades) Madani, Kecamatan Sorkam Barat tentang kondisi rumah salah seorang warganya, Mince Manalu yang roboh rata dengan tanah.

Kata Pj Bupati, Jainal Silaban menceritakan kehidupan janda tiga anak, yang saat itu sudah tidak memiliki tempat tinggal lagi. Mendengar hal ini Sugeng langsung mencek dana APBD Pemkab Tapteng 2024, ternyata tidak ada sama sekali ditampung dana untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk masyarakat, berupa pembangunan Rumah Tidak Layak huni (RTLH).

“Dana APBD kita tahun ini banyak dialokasikan untuk Pemilu, sehingga untuk membantu warga kebutuhan RTLH sangat tidak mungkin, hampir setengah anggaran APBD Pemkab Tapteng, dialokasikan untuk Pemilu dan Pilkada Tapteng untuk tahun ini,”katanya.

Tidak putus harapan untuk berikan bantuan kepada warga, akhirnya Pj Bupati mengajak para Kades yang bergabung di Papdesi, serta para OPD dan Camat, hingga stakeholder lainnya untuk menggalang dana dengan menyisihkan sedikit rezeki dari pribadi masing-masing.

“Ternyata tanpa APBD pun kita bisa kompak untuk solidaritas membantu masyarakat yang membutuhkan, sehingga rumah ibu Marince Manalau, dapat terbangun danp fasilitas perabot dapat terpenuhi sebagian,”ucap Pj Bupati.

IMG-20240310-WA0073