Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

10 Penumpang Bus yang Kecelakaan Tunggal Dievakuasi Polisi

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Satuan Lalu-lintas Polres Simalungun sigap membantu evakuasi korban penumpang bus PT. Lalupa Karona yang mengalami kecelakaan tunggal. Akibat kecelakaan ini 10 penumpang mengalami luka ringan.

IMG-20240227-124711

Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala melalui Kasat Lantas Iptu Jonni F. H. Sinaga menjelaskan kecelakaan terjadi pada Selasa sore (12/3/2024) di Jalan Umum Km 27-28 jurusan Pematang Siantar – Parapat, tepatnya di Harangan Ganjang Nag Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Insiden tersebut melibatkan mobil bus penumpang PT. Lalupa Karona BK-7133-UD yang dikemudikan Jonson Pakpahan (52) warga Desa Pakpahan Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara. “Beruntung, sang pengemudi tidak mengalami luka, “ujar Jonni, Selasa (12/3/2024).

“Dari kejadian tersebut, tercatat sepuluh penumpang mengalami luka ringan dan dilarikan ke RS Vita Insani Pematangsiantar dan RS Tentara Pematangsiantar untuk mendapatkan perawatan medis,” ujarnya lagi.

Menurut korban, sebelum kejadian, bus datang dari arah Parapat menuju Pematang Siantar. Di lokasi kejadian, saat bus mencoba mendahului kendaraan yang berada di depannya, pengemudi bus kehilangan kendali.

“Usaha untuk mengembalikan bus ke badan jalan dengan banting setir ke kiri malah membuat bus tersebut oleng dan akhirnya terbalik ke badan jalan sebelah kanan dari arah asalnya, “kata Jonni.

Menurutnya faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan ini termasuk kondisi pengemudi yang sehat jasmani, kendaraan dalam standar keamanan, cuaca cerah pada sore hari, serta kondisi jalan yang lurus namun bergelombang di dekat tikungan, dengan lebar jalan 6.00 meter dan dilapisi aspal hotmix.

Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun yang menangani kejadian ini segera mengambil langkah-langkah, termasuk mengecek dan mengolah TKP, mengatur arus lalu lintas, dan mengamankan barang bukti. Koordinasi dengan PT. Jasaraharja juga dilakukan sebagai bagian dari penanganan kecelakaan ini.

Kerugian materi akibat kecelakaan ini ditaksir mencapai Rp30 juta, namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kecelakaan ini menjadi peringatan bagi para pengemudi untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti standar keselamatan dalam berkendara, khususnya di jalur-jalur yang memiliki kondisi jalan yang menantang seperti di kawasan kecelakaan ini.

IMG-20240310-WA0073