IMG-20240501-WA0019

Bupati Simalungun Buka MTQ Ke-50

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 50 Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2024 dipusatkan di Lapangan Bola Kaki PTPN-IV Kebun Bah Jambi Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Simalungun Sumut, Senin (26/2/2024).

IMG-20240227-124711

MTQ dibuka Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ditandai dengan pemukulan bedug dan pelepasan balon.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh agama di jajaran Kakan Kemenag Kabupaten Simalungun, alim ulama dan seluruh jajaran pemerintahan Pemkab Simalungun, diantaranya, Kadis, Seluruh Camat, Pangulu dan Beberapa OPD lainnya. Juga Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH.

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Simalungun di Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi juga dihadiri jajaran TNI Polri, Kapolres Simalungun yang di wakili Kapolsek Tanah Jawa Kompol Manson Nainggolan, Danramil dan beberapa Kapolsek terdekat.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan MTQ ini sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya Bupati berharap, MTQ tidak hanya event rutin biasa, akan tetapi harus mampu memaknai MTQ sebagai event yang memiliki nilai yang sangat besar diantaranya nilai spritual dan ekonomi.

Dalam nilai spiritual, Bupati mengatakan, MTQ merupakan sarana ibadah, silaturrahmi, penguatan generasi qur’ani dan pendalaman kajian keagamaan.

“Pada nilai ekonomi, MTQ memiliki multiplayer effect ekonomi yang besar baik secara permanen dan musiman, serta sebagai sarana perekat persatuan dan kesatuan,”kata Bupati yang didamping Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Disamping itu, lanjut Bupati, melalui kegiatan MTQ juga diharapkan dapat menumbuhkan lembaga pendidikan dan pelatihan Tilawatil Qur’an, serta perputaran ekonomi mikro dalam event MTQ seperti saat ini. Tandas Bupati.

Sebelumnya pembukaan MTQ ini diawali defile kontingen peserta yang berasal dari kecamatan Se-kabupaten Simalungun, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Siti Rohima dan sari tilawah dibawakan oleh Tantri Musfira Dimar.

Kemudian pengibaran bendera LPTQ oleh Paskibra diiringi dengan Mars MTQ, dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim MTQ oleh Bupati Simalungun dan baiat oleh Kakan Kemenag H Ahmad Sofian.

IMG-20240310-WA0073