IMG-20240501-WA0019

Panwaslu Kecamatan Entikong Lantik 56 Pengawas TPS

IMG-20240409-WA0076

Sanggau, TRIBRATA TV

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Entikong melantik 56 Pengawas TPS di Sekretariat Panwaslu Jalan Raya Lintas Malindo Dusun Entikong Tapang Desa Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin (22/1/2024) kemarin

IMG-20240227-124711

Pelantikan dihadiri Komisioner KPU Sanggau, Candra Apriansyah, Forkopincam Entikong dan Babinsa

Ketua Panwaslu Kecamatan Entikong Hermanus kepada media mengatakan para Pengawas TPS ini akan menjalankan tugas tanggung jawab pada 3 hari tenang dan satu hari pungut hitung.

“Merekalah yang akan menentukan mutu pemilihan umum di TPS masing-masing secara jujur adil dan mandiri. Jadi asas-asas pemilu. Mereka sudah sah mengemban tugas tanggung jawab untuk menegakkan demokrasi Indonesia pada pemilu 2024,” katanya.

Usai dilantik para Pengawas TPS ini mengikuti sesi pembekalan atau Bimtek, mengenai teknis dalam pengawasan.

“Bawaslu sudah menyediakan beberapa strategi yang pertama pencegahan, dan kedua penindakan, tetapi kita berfokus kepada pencegahan, karena kita tidak mengijinkan pelanggaran terjadi, maka kita harus melakukan pencegahan, dan berikutnya ada sistem pengawasan pemilu yang disebut dengan siwaslu itu adalah aplikasi yang akan didownload oleh masing-masing pengawas TPS dalam menjalankan tugas tanggung jawab pengawasan,” katanya.

Namun nagi Pengawas TPS yang berada di tempat yang jauh dari jangkauan sinyal internet maka ada berkas-berkas sistem pelaporan manual.

“Selain Siwaslu, mereka juga akan mempertanggungjawabkan pengawasan yang dituangkan dalam form model A yang merupakan sistem pelaporan pengawasan pemilu,” ujarnya lagi.

Di tempat terpisah di Sekretariat Panwaslu Entikong, Candra Apriansyah Komisioner KPU Sanggau mengatakan pelantikan Pengawas TPS dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sanggau, sesuai dengan instruksi Bawaslu pusat.

Ia berharap para pengawas ini bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, cermat, dan bijaksana dalam pengawasan di TPS.

“Dan kami harapkan juga, tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau,” harapnya.(syamsumen)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000