Tim Terpadu Luwu Utara Amankan Tiga Mobil Pelansir BBM

IMG-20240409-WA0076

Luwu Utara, TRIBRATA TV

Sedikitnya tiga unit mobil tangki rakitan yang diduga digunakan untuk melansir BBM subsidi secara ilegal diamankan pihak Kepolisian.

IMG-20240227-124711

Ketiga mobil tangki rakitan tersebut diamankan saat kedapatan mengantri di SPBU Baliase oleh Tim Terpadu pengawas barang pokok dan barang kebutuhan penting dari DP2KUKM, Polri, TNI, Satpol PP Luwu Utara, saat melakukan sidak pada Rabu (21/12/2022).

Ketiga mobil tersebut dengan nomor plat DD 582 OF, DD 1238 AL, dan DN 1816 AL.

Mengetahui kedatangan tim terpadu, para pengemudi mobil sontak kabur meninggalkan mobilnya. Tim berusaha melakukan pencarian terhadap para pengemudi, namun hanya satu sopir ditemukan, bersama dengan kernet.

Kedua pelaku bersama mobil tangki rakitan ini lalu diamankan pihak Kepolisian dan dibawa ke Mapolres Luwu Utara.

“Mobil tangki rakitan ini pasti sudah sering masuk ke SPBU ini, karena tidak mungkin mereka mau antri kalau tidak sering kesini”, ujar Marten Luter R. Se, dari Koramil Masamba usai melakukan sidak.

Marten pun mengatakan, jika benar mobil tangki rakitan ini sudah sering masuk membeli BBM, maka pihak SPBU sudah melanggar aturan.

“Jelas para pelaku ini melanggar aturan. Inikan BBM subsidi. Kita capek capek tiap hari tegakkan aturan, kok ini malah melanggar aturan”, jelasnya.

Lebih jauh Marten mengatakan, sepertinya ada pembiaran dari pihak SPBU sehingga mobil ini masuk membeli BBM subsidi, diluar ketentuan pemerintah. Bahkan kata dia, dari tiga mobil ini, ada mobil dengan plat Sulawesi Tengah.

“Ini seperti ada pembiaran dari pihak SPBU. Bayangkan pak, satu mobil ini kurang lebih bisa sampai ratusan liter dia keruk di SPBU, pantas saja masyarakat tidak kebagian kalau tangki tangki seperti ini yang membeli secara melanggar aturan”, terangnya.

“Kita berharap pihak kepolisian menindak tegas para pelaku”, lanjut Marten.

Sementara itu, Sekretaris Dinas DP2KUKM Luwu Utara, Hasruddin Kujje mengatakan, pihaknya akan memberikan teguran kepada SPBU Baliase.

“Mobil pelangsir BBM ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian, dan kita serahkan sepenuhnya kepada mereka. Namun untuk SPBU kita akan berikan teguran”, terang Hasruddin.

Selain mengamankan mobil tangki rakitan, tim Terpadu juga mengamankan puluhan jerigen 50 liter di sekitar SPBU Baloli, yang diduga jerigen BBM untuk salah satu Tambang.

Selanjutnya jerigen tersebut diamakan pihak Kepolisian untuk dijadikan barang bukti. (mul)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *