Pleno KPU Sibolga Dijaga Ketat Polisi

IMG-20240409-WA0076

Sibolga, TRIBRATA TV

Personel Polres Sibolga bersama personel Brimob bersenjata lengkap mengawal ketat Aula Topaz Hotel Wisata Indah Sibolga, yang menjadi tempat berlangsungnya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Sibolga, Selasa (15/12/2020).

IMG-20240227-124711

Sebelum pelaksaan rapat pleno yang digelar KPU Sibolga, personel Polres Sibolga melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap barang dan bawaan peserta rapat pleno Yang dilaksanakan KPU Sibolga Sumut .

Polisi juga memberikan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan 3M, berupa mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin mengatakan, pengamanan ketat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada saat pelaksanaan kegiatan rapat pleno rekapitulasi surat suara.

“Kita ingin memastikan pelaksanaan rapat pleno berjalan dengan aman dan lancar,” kata Iptu R Sormin.

Rapat pleno tersebut dihadiri Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex, mewakili Danlanal Sibolga serta mewakili Kajari Sibolga.

Selain itu, hadir Anggota DPRD Sibolga, Andika Pribadi Waruwu, Kabag Sumber Daya Polres Sibolga, Kompol Cholbi, Kasat Reskrim, AKP D Harahap, Kasat Intelkam, AKP Agus Adhitama, Kasatpol PP Sibolga, Faisal Fahmi Lubis.

Juga hadir Danramil Sibolga, Mayor Kav Arwan, Ketua Bawaslu Sibolga, Zulkifli Sigalingging, serta Komisioner Bawaslu lainnya Darwis Suprianto Sibarani dan Erpisani Hutagalung.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Sibolga dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga 2020, jumlah suara sah sebanyak 51.327 suara. Sedangkan jumlah suara tidak sah sebanyak 499 suara, dengan perolehan total sebanyak 51.826 suara. Sementara jumlah DPT sebanyak 64.329 yang tersebar di 184 TPS.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Pasangan Jamal-Pantas meraih suara sebanyak 27.494 dari total suara sah sebanyak 51.826 suara, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 64.329 pemilih.

Sementara pasangan nomor urut 2, Bahdin Nur Tanjung-Edipolo Sitanggang (ABADI) meraih 13.848 suara. Pasangan nomor urut 3, Ahmad Sulhan Sitompul-Edward Siahaan (ASSED) meraih 9.985 suara.

Pantauan,rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Sibolga tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Tidak ada sanggahan atau penolakan dari seluruh saksi Paslon yang hadir.

Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid dalam sambutannya mengatakan, memberikan waktu kepada setiap paslon yang ingin menyampaikan gugatan sengketa Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) selama 3 kali 24 jam sejak hasil Pilkada Sibolga diputuskan oleh KPU Sibolga sekira pukul 11.36 WIB.

“Namun apabila tidak ada perselisihan, maka MK akan mencatatkan ke dalam buku registrasi perkara konstitusi dan akan diserahkan ke KPU RI untuk disampaikan ke KPU Sibolga untuk ditetapkan Paslon pemenang Pilkada sambungnya. Waktunya paling lambat lima hari sejak diputuskan. Apabila ada perselihan, maka akan disesuaikan dengan jadwal-jadwal di MK,” jelasnya. (Martinus Zebua)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *