Bupati Nias Serahkan Bantuan Ternak, Pertanian dan Perikanan

IMG-20240310-164257

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias Ya’atulo Gulo menyerahkan bantuan ternak, pertanian dan perikanan kepada Kelompok Penerima Manfaat masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022 bertempat di Desa We’a-we’a Kecamatan Sogaeadu, Selasa (13/12/2022).

IMG-20240227-124711

Hadir Wakil Bupati Nias Arota Lase, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peirikanan, Kepala Desa We’a-we’a, Camat Sogaeadu, para Kelompok Tani Penerima Manfaat.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, mengingat perannya yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian di Kabupaten Nias,  maka sektor peternakan perlu ditingkatkan produktivitasnya karena sebagian besar masyarakat Kabupaten Nias memiliki mata pencaharian sebagai peternak.

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Nias memiliki potensi sumber daya yang cukup, namun belum terkelola secara optimal. Hal ini disebabkan oleh kehidupan para peternak yang masih jauh dari sejahtera dan identik dengan kemiskinan serta menggunakan pola yang sederhana dan tradisional.

Saat ini produksi peternakan kita masih rendah, terlebih akibat kematian ternak pada maret 2020 silam akibat wabah ASF (African Swine Fever) atau demam babi Afrika.

“Kita perlu bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan produksi ternak dan juga memfasilitasi para peternak untuk merangsang usaha peternakan agar memiliki kapasitasi yang lebih baik”, ucapnya.

Pada tahun anggaran 2022 ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran pemberdayaan bagi peternak melalui bantuan ternak, yakni, 60 ekor ternak Babi beserta pakan, 110 ekor ternak Kambing (APBD T.A 2022), 168 ekor ternak Babi (PAPBD) dan 88 ekor rernak Babi Program CSR Bank Sumut Tahun 2022.

Sehingga total bantuan untuk ternak Babi pada tahun ini sejumlah 316 ekor, hal ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat peternak untuk meningkatkan taraf hidup sebagaimana salah satu misi pembangunan Kabupaten Nias yaitu Petani, Peternak dan Nelayan yang Produktif.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan kepada petani dan nelayan beserta pembudidaya ikan dan petani jagung berupa benih jagung varietas Pioner 32 sebanyak 510 Kg kepada 6 Kelompok Tani, Jaring Monofoilamen 1 ¼ Inc sebanyak 26 set untuk 3 KUB nelayan, benih ikan Lele dan ikan Nila sebanyak 15.000 ekor dan pakan ikan sebanyak 400 Kg.

Bupati mengingatkan untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi pengembangan sektor pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Nias ke depan agar terus meningkatkan hasil produksi di sektor pertanian dan peternakan.

Dia meminta Dinas Ketahanan Pangan/pertanian/perikanan di Kabupaten Nias diharapkan untuk terus melakukan upaya-upaya konkrit dan terus memonitoring pemanfaatan bantuan ini.

Ia berharap agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya dan tidak boleh diperjualbelikan agar produksi ternak ke depannya dapat meningkat dan tetap produktif sehingga perekonomian keluarga dapat meningkat. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *