IMG-20240409-WA0045

Gerak Cepat, Polisi Bantu Korban Pohon Tumbang

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Hujan yang berintensitas tinggi disertai angin kencang memicu tumbangnya pohon yang menimpa rumah warga di wilayah Kampung Dame Satu, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara pada Selasa (7/12/2021), pukul 09.05 WITA.

IMG-20240227-124711

Menurut keterangan warga pohon yang tumbang menimpa rumah keluarga Afianus Mokodompis Kalalo mengakibatkan atap rumah rusak karena tertimpa cabang pohon serta istri Linda Kalalo (39) mengalami luka robek dibagian kepala.

“Kejadian sekitaran jam 09.00 pagi, saat itu korban berada di depan rumah, lalu tiba-tiba dengan pohon tumbang dan mengenai atap akibatnya bagian depan rumah rusak, dan korban mengalami luka robek dibagian kepala. Korban dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan, “tutur saksi Fandi Kausuhe.

Mengetahui peristiwa itu, Kapolsek Sitim AKP Tommy Oroh langsung mengarahkan personil ke lokasi kejadian. Bripka Rifai Tamungku dan dua personil lainnya segera mengevakuasi bersama pemerintah kampung dan warga setempat.

AKP Tommy Oroh mengimbau masyarakat di sekitar lokasi agar waspada bencana alam. Karena saat ini mulai memasuki musim hujan yang terkadang disertai dengan angin kencang. Dengan kewaspadaan dapat mencegah adanya korban apabila bencana alam terjadi.

“Kepada warga sekalian diharapkan selalu berjaga-jaga karena cuaca saat ini yang tidak bersahabat, kami minta warga waspada jika terjadi situasi yang tidak diinginkan segera mengamankan diri”, tutur Kapolsek.

Sementara itu, perangkat desa setempat melalui Kapitalau Kampung Dame Satu, Heri Bukasiang mengapresiasi langkah cepat kepolisian bersama warga.

“Terkait peristiwa ini mengapresiasi langkah progresif dari pihak kepolisian yang membantu mengevakuasi rumah warga, juga kami akan melaporkan ke dinas sosial agar segera ditindaklanjuti bilamana akan mendapatkan bantuan, “jelas Kapitalau.

Bukasiang juga menghimbau warga di lokasi yang rawan untuk berhati-hati dan segera menyampaikan ke pemerintah kampung terkait pohon yang kondisi rapuh, miring, atau terlalu rimbun untuk mengantisipasi pohon tumbang dan akan segera ditangani oleh pemerintah kampung.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen setelah mendengar kejadian pohon tumbang langsung memerintahkan Camat Siau Timur Sancelto Kalebos diwakili Sekretaris Camat Vivi Salindeho berkunjung ke puskemas dan rumah sakit karena korban telah dirujuk ke RS Lapangan Sawang.

“Kami sangat berempati kepada keluarga yang terkena bencana, terimakasih juga kepada personil Polsek Siau Timur, pemerintah kampung, juga masyarakat yang peduli dan sama-sama membantu keluarga serta mengevakuasi keluarga yang tertimpa bencana, “kata Salindeho.

Sekcam juga menghimbau agar warga tetap wapada, tetap berjaga, tetap berdoa, meminta perlindungan Tuhan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Jemmi Lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *