IMG-20240409-WA0045

Bupati Deli Serdang Resmikan Program Gerakan “Anak Panti Asuhan Mengaji”

IMG-20240409-WA0076

Deli Serdang, TRIBRATA TV

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan meresmikan dimulainya program gerakan “Anak Panti Asuhan Mengaji”. Program tersebut merupakan pengembangan inovasi baru Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang. Bertempat di Panti Asuhan Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah, Jalan T. Raja Muda Kelurahan Lubuk Pakam I,II Kecamatan Lubuk Pakam pada Selasa (30/11/2021).

IMG-20240227-124711

Peresmian dimulainya program tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada anak panti asuhan yaitu Panti Asuhan Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Lubuk Pakam dan Panti Asuhan Umar Bin Khattab Cabang Muhammadiyah Lubuk Pakam.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan program Anak Panti Asuhan Mengaji merupakan program yang disusun Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang.

“Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas inovasi yang dilakukan. Program ini merupakan perluasan dari program yang sudah dilaksanakan sebelumnya oleh Dinas Pendidikan dan dianggap sebagai salah satu inovasi yang terbaik sehingga mendapat penghargaan dan masuk dalam 99 inovasi terbaik se-Indonesia yaitu program bagaimana anak-anak yang selama ini tidak bersekolah di kawasan pesisir, mereka yang berada dalam pembinaan karena tersangkut masalah narkoba dan anak-anak marjinal lainnya dapat disekolahkan,”kata Bupati.

“Dari program itulah, pada hari ini diperluas dengan mengajak anak-anak yang ada di panti asuhan untuk memastikan mereka dapat membaca dan memahami isi alquran, kegiatan ini dilaksanakan dan sangat relevan dengan apa yang menjadi tujuan kita bersama yaitu kita bercita-cita agar Deli Serdang ini menjadi wilayah dan masyarakat yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan,”lanjut Bupati.

Ia berharap program yang diresmikan ini bisa diperluas. “Insya Allah nantinya seluruh panti asuhan harus mendapatkan fasilitas yang sama dan lebih luas lagi bagaimana memastikan bahwa seluruh anak-anak marjinal terutama mereka yang sesungguhnya berhak mendapatkan pendidikan dan kita pastikan mereka bisa dapatkan sehingga nanti pada saatnya hidup mereka berarti,” tandasnya.

“Mereka tidak hanya mampu hidup untuk kesejahteraan dirinya, tapi bahkan lebih jauh dari itu mereka mampu memajukan dan mensejahterakan orang lain. Mari bersama-sama kita do’akan semoga program ini berjalan dengan baik dan mendapat ridho dari Allah SWT,” harap Bupati

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang Yudi Hilmawan menjelaskan program “Anak Panti Asuhan Mengaji” merupakan pengembangan dari Inovasi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang sudah meraih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 oleh Menpan RB yaitu Inovasi “ Kas Anak Kasir, Anak Pelorena, Anak Lapas : Kembali bersekolah anak, Kawasan Pesisir , Anak penghuni loka rehabilitasi narkoba, Anak penghuni lembaga pemasyarakatan ( Sebuah model pemberdayaan masyarakat marginal di bidang pendidikan).

“Pencanangan Gerakan “Anak Panti Asuhan Mengaji” sebagai sebuah gerakan yang akan dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan literasi membaca , menghafal dan mendalami Al-Qur’an, di Panti Asuhan, di tengah keluarga dan di lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Deli Serdang,” ucapnya.

Pada kesempatan itu diberikan bantuan kepada 100 anak panti asuhan sebagai bagian dari gerakan anak panti asuhan mengaji dalam bentuk Tas sekolah, Buku, alat tulis dan penghapus penggaris, Sepatu dan kaos kaki, Baju kaos, Kain sarung, sejada, beasiswa bagi 100 anak sebanyak Rp200.000 selama 3 bulan dan pemberian honor sebanyak 4 guru tahfiz sebesar Rp1.000.000 selama 3 bulan.

Kadis Pendidikan juga menyampaikan selain Gerakan Anak Panti Asuhan Mengaji, pada saat ini di Kabupaten Deli Serdang juga dilakukan perluasan inovasi anak kawasan pesisir. Dimana sebanyak 50 anak kawasan pesisir Percut Sei Tuan dan 50 anak pesisir Hamparan Perak kembali bersekolah serta dikembangkan juga inovasi gerakan anak kawasan pesisir mengaji di Kecamatan Pantai Labu.

Hadir bersama Bupati, Kadis Pendidikan Deli Serdang Yudi Hilmawan, Kadis Kesehatan Deli Serdang dr. Ade Budi Krista, Kadis Kominfo Deli Serdang Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari MM, Kadis Porabudpar Deli Serdang H. Khairum Rizal,ST, M.AP, Kabag Umum Setdakab Deli Serdang Drs. M. Abduh Rizali Siregar, Kabag Prokopim Setdakab M. Ari Mulyawan Simatupang Kakan Kemenag Kab. Deli Serdang Drs. Abdul Haris Harahap, Ketua MUI Kab. Deli Serdang Kyai Amir Panatagama S.Pd.I, Pimpinan Panti Asuhan Al Jami’iyatul Washliyah Lubuk Pakam, Hj. Hulaimi Dumeri, Pimpinan Panti Asuhan Umar Bin Khattab Cabang Muhammadiyah Lubuk Pakam Mukhtar Hasan ,Camat Lubuk Pakam Danang Purnama Yudha, S.STP, M.AP Beserta seluruh Perangkat Kecamatan. (Yan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *