IMG-20240409-WA0045
Hukum  

KPK Diminta Periksa Proyek Pembangunan Gedung Farmasi Sergai

IMG-20240409-WA0076

Serdang bedagai, TRIBRATA TV

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk turun memeriksa proyek pembangunan gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Proyek ini diduga bermasalah.

IMG-20240227-124711

“Kita minta KPK turun ke Sergai,” kata Prayuka Uganda SE, Ketua Pemantau Keuangan Negara (PKN) Sergai, Rabu (25/11/2020).

Dugaan proyek itu bermasalah muncul karena kualitas bangunan sangat diragukan. “Pembangunan gedung itu sudah selesai namun pada bagian dindingnya banyak yang retak, kita mempertanyakan kualitasnya,”kata Prayuka.

Ia menyayangkan lemahnya pengawasan Pemkab Sergai atas proyek ini. “Tak seperti bangunan baru yang tampak kokoh, gedung Instalasi Farmasi terlihat “ringkih” karena disana sini muncul retakan,” tandasnya.

Ia menduga ada yang salah dalam proses pembangunan gedung ini sehingga menyebabkan kualitas bangunan tersebut sangat diragukan.

Padahal pembangunan gedung tersebut menelan anggaran yang tidak sedikit, Rp3,9 miliar. “Dengan biaya hampir 4 miliar rupiah, harusnya hasilnya juga memuaskan,” tandasnya.

Karena kualitas yang “rapuh” ia minta agar gedung itu tidak ditempati dulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga menimbulkan korban.

“Gedung ini dibangun memakai uang rakyat yang tidak sedikit karenanya kita minta KPK memeriksanya sehingga menjadi ‘trigger’ agar tidak ada lagi yang bermain-main dengan uang rakyat,” kata Prayuka.

Sebagaimana diketahui, proyek ini dibangun oleh CV Matio New Generation Corporation akhir 2019 dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) namun menjadi perbincangan kualitasnya meragukan.

Dari keterangan staf Dinas Kesehatan Sergai, dari nilai proyek Rp3,9 miliar, baru dibayarkan separuhnya atau Rp1,9 miliar kepada rekanan. Hal ini disebabkan penyelesaian pengerjaannya tidak tepat waktu.

Hingga saat ini gedung Instalasi Farmasi belum ditempati dan masih dikeliling pagar seng walau tampak keseluruhan pembangunan telah selesai dikerjakan.

Belum ada keterangan resmi dari Pemkab Sergai atau Dinas Kesehatan menyangkut pembangunan gedung ini, walau sudah menjadi pembicaraan hangat pada sejumlah kalangan. (Willy Lubis)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *