Reses di Ajibata, Jubel Tambunan Kenalkan Budidaya Jamur Tiram

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

200 an warga Kecamatan Ajibata menghadiri Reses Anggota DPRD Sumatera Utara, Jubel Tambunan, di Sopo Batu Ajibata, Kamis (24/11/2022).

IMG-20240227-124711

Dua kali menjabat Anggota DPRD Provsu, pria berdarah Batak asal Kecamatan Balige ini tetap konsisten menyapa warga dapil 9 khususnya di Kabupaten Toba.

Kepala Desa Pardamean Ajibata Irma Sirait mengucapkan terimakasih atas perhatian Jubel Tambunan. “Kami meminta kiranya Bapak Jubel bisa memberi perhatian pada pelatihan menjahit dan kuliner kareba kami berada di daerah wisata Kabupaten Toba,” ujarnya.

Sementara Camat Ajibata Robert Manurung mengaku sudah berulang kali bertemu dengan Ketua Partai Nasdem Kabupaten Toba ini. “Saat menjabat camat di Kecamatan Uluan, Porsea dan kini Ajibata jumpa lagi dengan jadwal reses beliau,” katanya.

Dikatakannya Kecamatan Ajibata terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan. “Kami meminta kepada pak Jubel, alangkah baiknya diadakan pelatihan di bidang pariwisata, seperti Pelatihan penerimaan tamu, melayani dan sebagainya,” pintanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada tamu dari luar negeri, mereka bingung apa oleh-oleh yang bisa diberikan. “Tapi kedepan dengan kehadiran pak Jubel, kami berharap bisa memberikan solusi dan membantu pengembangan sektor kepariwisataan,” ucap Robert.

Sedang Jubel Tambunan mengatakan dari 6 kabupaten dapil 9, khusus Kabupaten Toba sudah seluruh desa dan kelurahan ia jalani. “Saat saya datang ke Aquafarm, saya minta perusahaan itu berkontribusi untuk warga sekitar. Saat ini sudah bergerak disektor wisata”,ucap Jubel.

Reses pertama dipenutup tahun 2022 ini, sebagai tindak lanjut tugas sebagai Anggota DPRD Provsu. “Kali ini kebetulan kami dari Nasdem Toba memperkenalkan binaan UMKM, ada budidaya jamur tiram, yang bisa diolah menjadi berbagai makanan dan pastinya menambah pendapatan ekonomi warga. Ada juga herbal teh daun jelor, dan lainnya,” tambahnya.

Dalam dialog interaktif tampak antusiasme warga bertanya yang dimoderatori Ketua Bapilu Partai Nasdem, Lauren Sibarani.

Seperti salah satu warga Espi Manurung, penjual souvenir Batak yang meminta agar kondisi kios mereka di Komplek Dermaga Ajibata diperhatikan.

Menanggapinya, Jubel mengatakan akan berkordinasi dengan dinas terkait agar kios pedagang bisa diberi pelindung sehingga dagangan tidak kepanasan dan kena air hujan. Ia juga akan membicarakannya dengan Martin Manurung, Anggota DPR RI yang berhubungan dengan BUMN.

Sementara Melani Hutajulu selain meminta diadakan pelatihan UMKM juga minta perbaikan irigasi di desanya dengan pembuatan bronjong di sepanjang sungai desa Pardomuan Ajibata.

“Pembuatan bronjong di sungai besar akan coba saya sampaikan kepada Pemkab Toba,” jawab Jubel.

Pada kesempatan itu ia juga menegaskan agar memperhatikan masalah ternak di pinggir Danau Toba. Imbauan Pemerintah Provinsi Sumut agar warga menjaga ternaknya sehingga tidak langsung ke pinggir danau.

“Ini bertujuan demi mendukung program pariwisata pemerintah pusat,” ucap pria 57 tahun tersebut. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *