Pulang Bimtek dari Bali, Kepala Desa Disambut Baliho di Samosir

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Baliho ucapan selamat datang untuk para kepala desa usai melakukan studi banding di Bali, terpampang di beberapa titik di Kota Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Pantauan TRIBRATA TV di lapangan, Kamis (25/11/2021), terdapat tiga baliho yang mencuri perhatian masyarakat tersebut. Diantaranya terletak di simpang empat Pangururan, simpang Perkantoran DPRD Samosir dan Terminal Pangururan.

Tulisan di baliho tersebut, seolah menunjukkan kekecewaan masyarakat ataupun pihak yang memasang atas kegiatan studi banding tersebut.

“Selamat Datang Para Kepala Desa se-Samosir Atas Kunjungannya Dari Bali Yang Dibiayai Uang Rakyat,” tampak tulisan di baliho.

Praktisi hukum Boris Situmorang SH ketika ditemui dilokasi baliho tersebut mengatakan bahwa hal itu merupakan kecaman keras ke kepala desa agar lebih matang untuk menggunakan uang rakyat.

“Ekonomi perhotelan Samosir sedang melemah, mereka (kepala desa) malah pigi jauh-jauh,” keluh Boris.

Ditambahkan Boris, kepala desa dianggapnya melakukan perjalanan yang berlebihan.

“Apa perjalanan itu tidak berlebihan?, dukunglah dulu pengusaha-pengusaha lokal ini. Kalau ekonomi sudah membaik sah-sah aja,” Tambahnya.

Sementara itu, Amon Sormin, Kadis PPAMD Kabupaten Samosir menjelaskan bimbingan teknis (bimtek) dan studi banding kepala desa ke Bali adalah program peningkatan kapasitas kepala desa yang dananya bersumber dari dana desa.

“Kegiatan ini adalah inisiatif dari kepala desa melalui APDESI,” jelasnya.

Saat ini sudah berangkat sebanyak 42 kepala desa, yang berasal dari kecamatan Simanindo, Harian, Sianjur Mulamula, Onan Runggu, Palipi dan Sitio-tio.

“Adapun tujuannya adalah peningkatan kapasitas pengelolaan pembangunan di desa, sekaligus studi banding ke dua desa yang mengelola pertanian dan pariwisata di Desa Pancasari Kabupaten Buleleng dan Desa Bongkasa Pertiwi Kabupaten Badung,” tegasnya melalui pesan whatsApp. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *