Viral, Pembangunan Kos Diprotes Warga, Propam: Bukan Milik Anggota

IMG-20240310-164257

Bondowoso, TRIBRATA TV

Kasi Propam bersama Unit Paminal Sipropam Polres Bondowoso, Jawa Timur menindaklanjuti viralnya pemberitaan tentang pembangunan kos-kosan yang ramai diprotes warga di Dusun Kota Timur, Kecamatan Besuki, Situbondo.

IMG-20240227-124711

Aksi protes hingga lempar batu yang dilakukan warga terjadi, Senin 8 November 2021 lalu karena adanya dugaan pembangunan kos-kosan belum memiliki IMB. Juga matrial pembangunannya yang diletakkan di halaman rumah sehingga menghambat akses jalan warga.

Kasi Propam Polres Bondowoso, Ipda Widayanto menuturkan semula masyarakat menduga bangunan tersebut milik salah satu anggota Polres Bondowoso yakni AKP Hasni Andrianto.

Karena itulah, pihaknya langsung memanggil yang bersangkutan untuk diklarifikasi oleh Kasi Propram Polres Bondowoso.

“Kita panggil untuk klarifikasi. Bahkan, tim Propam turun ke Besuki, bertemu dengan perwakilan warga, kepala desa, juga termasuk Budi yang dipercaya mengelola pembangunan kos kosan milik Suhatinah, yang masih ada hubungan keluarga,” katanya, Senin (22/11/2021).

Namun, ia menyebutkan hasil pemeriksaan ditemukan bangunan itu ternyata telah memiliki IMB yang diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo Nomor :188.4/61/IMB/431.218/2021 tanggal 4 Maret 2021.

“Sertifikatnya dan IMB nya kita lihat langsung. Makanya kita datang ke Besuki,” tuturnya.

Di lain sisi, bangunan itu ternyata juga bukan milik AKP Hasni Andrianto. Melainkan milik saudaranya, yang bernama Suhartinah, hal itu dibuktikan dengan hasil turun langsung ke rumah yang bersangkutan. Yakni, memastikan dengan melihat sertifikat tanah seluas 301 m2.

Perihal material yang berada di halaman rumah, pihaknya telah menyarankan agar material bangunan itu dipindahkan, sehingga tidak menghambat akses jalan warga.

“Kita sudah sarankan juga agar memindahkan matrial bangunan tersebut ketempat yang tidak menghambat akses jalan warga yang melintas,” pungkasnya.(irawan/r)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *