Usaha Pengembangbiakan Lembu BUMDes Anugrah Tak Jelas, dari 25 Ekor Tinggal 2 Ekor

IMG-20240310-164257

Sergai, TRIBRATA TV

Pengawasan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Anugerah Desa Tanjung Buluh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dalam usaha pengembangbiakan lembu tampak ‘lemah’.

IMG-20240227-124711

Informasi yang didapat pengembangan biakkan lembu berawal dengan modal pengembangan lembu sebanyak 25 ekor anak lembu pada tahun 2016 lalu yang dikelola BUMDes Anugrah Desa Tanjung Buluh.

Namun pada tahun 2020 ini, selama 4 tahun berjalan sejak dilakukan pengembang biakkan tidak ada hasil yang memuaskan. Malah 25 ekor anak lembu yang dikebangbiakkan hanya tinggal 2 ekor lembu.

Akan tetapi selama 4 tahun berjalan BUMDes Anugrah yang diketuai BA tidak ada melaporkan hal ini dalam Rapat Anggaran Tahunan (RAT).

“Lihatlah pak, BUMDes yang diberikan modal 25 ekor lembu kini hanya tinggal 2 ekor lembu, makanya kalau bisa ada yang mengusut keberadaan lembu lainnya, coba lah pak, padahal kami mengharapkan ada hasil dari BUMDes ini, kami minta diproses oleh penegak hukum,” jelas seorang warga kepada TRIBRATA TV yang memohon agar tidak disebut namanya.

Menurutnya modal BUMDes Anugerah Desa Tanjung Buluh berasal dari Dana Desa (DD) pada tahun 2016 dengan rencana kerja pengembang biakkan lembu dengan Kepala Desa saat masih dijabat Irwansyah.

Bahkan informasi yang didapat, saat pembelian anak lembu pada tahun 2016 tersebut, diduga ada kejanggalan karena dibeli seharga Rp9,5 juta per ekornya.

“Bayangkan pak dulu harga per ekor anak lembu Rp9,5 juta dikalikan sebanyak 25 ekor sudah berapa uangnya. Kami sudah curiga ini pasti ada permainan, namun berharap terus BUMDes bisa berjalan, akan tetapi makin terpuruk BUMDes Anugrah,” ungkap warga.

Saat dikunjungi, kandang lembu yang tidak jauh dari pemukiman, ternyata terlihat 11 ekor lembu sedang diberi makan oleh tiga penjaga kandang.

Saat dikonfirmasi, penjaga kandang membenarka lembu milik BUMDes Anugrah tinggal 2 ekor dan sisanya milik pribadi warga.

BA, Ketua BUMDes Anugrah tidak berada di rumahnya saat didatangi TRIBRATA TV. Menurut istrinya BA sedang mencari rumput dan tidak tahu jam berapa pulang. (Willy Lubis)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *