Bahas Penguatan Perkarantinaan, Kepala Barantan Kunker ke KJRI Sarawak

IMG-20240409-WA0076

Sanggau, TRIBRATA TV

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementrian Pertanian, Ir Bambang mengunjungi KJRI Kuching Sarawak Malaysia untuk membahas mengenai hal terkait penguatan sistem perkarantinaan dan akselerasi ekpor pertanian.

IMG-20240227-124711

Kunjungan kerja itu dilakukan pada Jum’at (11/11/2022) pekan lalu sebelum mengunjungi perbatasan PLBN Entikong kabupaten Sanggau Kalbar, Sabtu (12/11/2022).

Dalam kunker ke KJRI Kuching Sarawak Malaysia, Ir. Bambang bertemu dengan Kepala Perwakil RI,Raden Sigit Witjaksono yang membahas 3 topik di ruang VIP Wisma Indonesia KJRI Kuching.

Ketiga hal yang dibicarakan soal perbatasan Indonesia dan Malaysia sepanjang 2.000 km dengan 3 PLBN yang telah beroperasi, yakni masing-masing Entikong, Aruk dan Nanga Badau.

Sementara yang akan segera diresmikan adalah Jagoi Babang, saat ini masih berstatus PLB dan yang akan dibangun adalah Jasa Senaning.

Paska dibukanya kembali PLBN usai Covid-19 arus lalu lintas manusia, barang termasuk hewan, tumbuhan dan produknya terus meningkat. Komoditas pertanian asal Indonesia lebih banyak masuk ke Malaysia, seperti CPO, lada, ampas kelapa, gula kelapa, pisang, sayuran, jeruk dan arang kelapa.

Sementara, dari Malaysia yang masuk berupa produk olahan hewan, namun sejak dibukanya pintu perbatasan belum ada impor lagi dari Malaysia.

Persoalan lain juga disampaikan masalah yang sering dihadapi adalah pemulangan Tenaga Kerja Indonesia ilegal. Pemerintah RI telah menyiapkan shelter untuk para TKI ini dan dipulangkan dengan segera. (Syamsumen/rilis)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *