Konsep Food Estate Taput Jadi Harapan Baru Masyarakat

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Tapanuli Utara menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki kesempatan untuk pengembangan lokasi food estate di wilayah Propinsi Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Pemerintah Pusat telah menerima permohonan dan telah disurvey untuk lahan Food Estate Kabupaten Tapanuli Utara seluas 17.961,72 hektar yang berlokasi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sipoholon, Parmonangan dan Adiankoting.

Dalam konsep pembangunan food estate dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan.

“Dalam mengelola pengembangan food estate di Taput, saya berharap agar pemerintah pusat melibatkan seluruh stakeholder, dimana lahan dimaksud terlebih dahulu diserahkan Kemenhut Pemkab Taput. Selanjutnya Pemkab akan bertindak sebagai regulator dimana Pemkab akan membagi lahan kepada masyarakat yang bersedia mengelola lahan dengan mengikuti ketentuan dari pemerintah,” kata Nikson.

Selanjutnya Pemkab Taput akan mengikat kerjasama dengan pihak swasta yang bersedia membeli hasil pertanian dari lahan dimaksud dengan harga terbaik.

Keberadaan food estate akan menjadi sentra ekonomi bagi Pemkab Taput yang melibatkan masyarakat. Pemerintah dan masyarakat ikut andil secara langsung dan mengikat kerjasama bukan hanya penonton. Masyarakat turut serta dalam mengolah lahan (pinjam pakai) bukan pemilik tetapi mendapatkan harga terbaik untuk hasil pertaniannya sesuai ketentuan kerjasama yang diikat Pemkab dengan pihak swasta.

“Saya sangat berharap konsep pengembangan food estate ini menjadi sentra produksi komoditi tanaman berbuah di provinsi Sumatera Utara serta menjadi percontohan nasional. Di samping menghasilkan buah, juga tetap menjaga kesinambangan alam,” tandasnya.

Pada prinsipnya, konsep pengembangan food estate Taput harus melibatkan seluruh stakeholder. Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta mengikat kerjasama yang saling menguntungkan.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *