Tiba di Jayapura, Duta Masyarakat Adat Batak: Papua Damai Tidak Ada Konflik

IMG-20240310-164257

Jayapura, TRIBRATA TV

Para duta masyarakat Adat Suku Batak dari Provinsi Sumatera Utara sangat berkesan saat menginjakan kaki di Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (22/10/2022). Mereka adalah peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI yang akan digelar 24-30 Oktober 2022.

IMG-20240227-124711

Ternyata isu-isu dan pemberitaan di media massa soal situasi konflik di Papua tidak seperti yang mereka bayangkan. “Ternyata Papua lebih aman damai, tidak seperti yang kami baca dan simak dari media-media mainstrem,” kata
Roganda Simanjuntak, Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) wilayah Tanah Batak.

Menurutnya, kalau mendengar Papua dari media mainstream digambarkan Papua ada konflik bersenjata. “Ternyata tidak ada, setiba di bandara Jayapura informasi tersebut tidak benar, justru damai, “ungkapnya.

Kesan tersebut diutarakan Roganda Simanjuntak untuj menepis anggapan sebagian besar orang di luar Papua yang melihat dan menganggap Papua sebagai wilayah konflik bersenjata, ternyata Papua damai dan masyarakatnya cukup ramah menyambut mereka.

“Kita bersyukur bisa tiba dengan selamat di tanah Adat Tabi dengan selamat, selain perjalanan cukup panjang kalau mendengar nama Papua kami cukup cemas, tapi saat tiba tidak seperti itu,”tuturnya.

Menurutnya, jumlah kontingen duta masyarakat Adat Batak Sumatera Utara sebanyak 76 orang. Pihaknya berharap ada keputusan-keputusan terbaik untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat Adat Batak yang selama ini disuarakan.

Sementara itu Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura Sihar L Tobing mengakui sejak awal pihak KMB Kabupaten Jayapura sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menyambut peserta KMAN VI dari Sumatera Utara sejak bulan Juli lalu.

“Kami sudah melakukan persiapan sejak lama untuk menyambut peserta dari Sumut, sesuai arahan Bupati, setiap paguyuban harus terlibat aktif minimal menjemput dan memberikan arahan singkat,“ujar Sihar Tobing.

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Golongan Karya ini juga menegaskan KMB siap membantu panitia dan Pemerintah Kabupaten Jayapura, serta duta-duta masyarakat Adat dari Batak Sumatera Utara untuk memperlancar suksesnya KMAN VI di Tanah Tabi. (Roy)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *