IMG-20240409-WA0045

BNN Aceh Canangkan Kampung Bersinar di Aceh Tamiang

IMG-20240409-WA0076

Aceh Tamiang, TRIBRATA TV

Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol. Heru Pranoto, didampingi Bupati Aceh Tamiang H. Mursil mengukuhkan Kampung Dalam dan Kampung Bundar sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

IMG-20240227-124711

Pengukuhan tersebut berlangsung pada Senin siang kemarin 18 Oktober 2021, di Kampung Dalam, Kecamatan Karang Baru, dihadiri oleh unsur Forkopimda dan Camat setempat.

Bupati Mursil mengatakan narkoba adalah musuh negara dan menjadi persoalan serius bagi bangsa, dalam membersihkan narkoba didalam desa semua pemangku kepentingan berperan aktif menanggulanginya.

“Permasalahan narkoba bukanlah permasalahan sepele, permasalahan ini sangat serius mengancam generasi muda. Kedatangan Pak Heru di kabupaten kami menandakan adanya perhatian langsung dari Provinsi. Kita, seluruh jajaran Pemkab, TNI/POLRI harus serius menangani masalah narkoba ini karena ini akan berakibat pada kualitas generasi kedepannya”, kata Mursil.

Mursil mengungkapkan, letak geografis Bumi Muda Sedia menjadi tantangan tersendiri dalam memberantas peredaran narkoba, dengan garis pantai yang panjang saat ini menjadi jalur keluar masuk peredaran narkoba, apalagi letak kabupaten Aceh Tamiang yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara.

“Kondisi Aceh Tamiang yang berada di wilayah perbatasan mengharuskan kita saling bekerjasama dengan penegak hukum di sana, saya berharap agar Kepala BNN Aceh dapat bekerjasama dengan Kepolisian dan BNN daerah tetangga untuk menumpas peredaran narkoba”, ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Heru Pranoto setuju bahwa daerah perbatasan menjadi daerah yang rawan akan peredaran narkoba, sehingga memerlukan perhatian bersama, salah satunya dengan Program Desa Bersinar.

“Desa Bersinar merupakan program nasional, dengan adanya terbentuk Kampung Bersinar di Kabupaten Aceh Tamiang diharapkan bukan hanya sekedar pencanangan saja, namun dapat membentuk penggiat anti narkoba yang bertujuan untuk mengantisipasi ancaman peredaran narkoba”, jelasnya.

Ia menekankan peran Datok Penghulu di Kampung tersebut harus produktif menggerakkan para penggiat tersebut, pemberantasan narkoba bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian, TNI dan pemerintah daerah saja, melainkan tugas kita semua untuk memerangi narkoba.

“Amankan mulai dari keluarga terkecil kita dan peran orang tua tak kalah pentingnya dalam membimbing anak-anaknya, besar harapan kita semua agar Kampung Bersinar ini dapat membentuk akhlak yang kuat generasinya,” tandasnya. (H Lubis)

IMG-20240310-WA0073

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *