GTPP Samosir Berupaya Atasi Lonjakan Kasus Covid-19

IMG-20240310-164257

Samosir, TRIBRATA TV

GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Samosir akan memperketat pintu-pintu masuk ke Samosir baik jalur darat maupun danau sebagai akibat perubahan status dari zona hijau ke merah. Hal ini diungkapkan Kadis Kominfo Samosir, Rohani Bakkara sebagai Juru Bicara Gugus.

IMG-20240227-124711

Kebijakan ini diambil untuk mengendalikan angka kasus infeksi yang meningkat cukup signifikan beberapa hari belakangan ini.

Selain itu, GTPP juga telah memutuskan menutup sekolah untuk pembelajaran tatap muka dan sebagai gantinya pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dalam bentuk visitasi ke tempat tinggal para peserta didik. Pada bidang keagamaan, sosial, pariwisata, dan layanan-layanan publik lainnya masih dalam kajian untuk dirilis beberapa hari ke depan.

Untuk kegiatan di Onan Pangururan, masyarakat diimbau untuk tidak berlama-lama melakukan kegiatan di tempat tersebut dan sedapat-dapatnya segera pulang setelah berbelanja. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk melakukan 3M: memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer sesering mungkin, dan menjaga jarak interaksi.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari droplet yang mungkin terjadi ketika berinteraksi satu sama lain karena dilindungi masker dan pembersihan tangan dari virus yang mungkin lengket tanpa disadari.

Bagi orang-orang terkonfirmasi positif juga diimbau untuk benar-benar melakukan isolasi mandiri secara total sesuai waktu yang ditetapkan dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah karena berpotensi sebagai carrier untuk menginfeksi orang-orang sehat lain di sekitarnya.

Bagi pelaku perjalanan ke Samosir, sedang dikaji untuk menerapkan surat keterangan rapid test dari daerah asal untuk memastikan carrier tidak masuk ke Samosir. Petugas jaga di pintu-pintu masuk ke Samosir baik jalur darat maupun danau akan diaktifkan kembali setelah penerapan normal baru beberapa bulan lalu.

Masih sebagai bahan kajian, masyarakat yang telah merencanakan mengadakan pesta hingga bulan Desember 2020 juga diimbau untuk menjadwalkan ulang pelaksanaannya. Hal ini didasarkan pada upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan oleh GTPP Covid-19 Samosir mengingat lonjakan kasus yang terjadi beberapa hari lalu.

Seperti diketahui, jumlah angka terkonfirmasi Covid 19 di kabupaten Samosir mencapai 15 orang, yang tersebar di 3 kecamatan. (Dodye Sinaga)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *