Mau Ikut Demo ke Siantar, 60 Pelajar Asal Simalungun Diamankan Polsek Bangun

IMG-20240310-164257

Simalungun, TRIBRATA TV

Sedikitnya 60 pelajar yang akan ikut aksi unjuk rasa di Kota Pematangsiantar diamankan aparat polisi dari Polsek Bangun,Senin (12/10/2020).

IMG-20240227-124711

Para pelajar tersebut diamankan saat hendak berangkat dengan menggunakan dump truk.

Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Bangun,AKP L.S Gultom. Dijelaskannya,pelajar tersebut diamankan setelah pihaknya mendapati sebuah dump truk yang mencurigakan.

“Kami melihat satu unit mobil jenis dump truk yang dicurigai. Lalu dump truk itu diberhentikan dan didapati puluhan remaja ada di dalamnya,”kata Gultom.

Setelah dump truk itu diberhentikan, petugas Polsek Bangun kemudian memerintahkan truk tersebut masuk ke dalam markas Polsek Bangun.

Petugas kemudian meminta keterangan sopir dump truk.Dan Berdasarkan keterangan sopir, ia akan menuju Kecamatan Tanah Jawa untuk mengangkut barang dari sana. Tetapi di daerah perdagangan mobilnya dihadang oleh banyak anak-anak remaja yang meminta untuk menumpang dump truck yang dibawanya menuju kota Pematangsiantar.

Seementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan kepada pelajar itu, mereka masih duduk di bangku kelas 2 SMA dan ada yang kelas 3 SMA, namun ada remaja yang baru saja selesai sekolah atau tamat dari Pendidikan SMA. Mereka mengaku hendak melakukan unjuk rasa di Kota Pematangsiantar.

“Kami melakukan operasi Yustisi 2020. Ada hampir 60 pelajar dari berbagai sekolah itu mengaku mendapat ajakan untuk aksi unjuk rasa dari teman serta media sosial dan messenger,”tutur Kapolsek.

Polisi melihat para pelajar tersebut berkerumun dan tak mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

“Mereka melanggar protokol kesehatan. Pelajar itu nggak tahu unjuk rasa itu apa. Mereka belum boleh karena masih anak,” ujarnya.

Polsek Bangun kemudian memanggil orangtua masing-masing serta pihak sekolah untuk menjemput siswa tersebut.

“Kami akan berikan pembinaan dan pencerahan untuk orangtua siswa dan sekolah, agar tidak terlibat tindakan yang tidak bermanfaat dan mengganggu kamtibmas,”pungkasnya. (Joe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *