Warga Serahkan Lahan Pembangunan Tugu Simamora Debataraja

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Pejabat Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) S.P. Simamora menyaksikan penyerahan lahan yang akan jadi lokasi pembangunan Tugu Simamora Debataraja-Sunggu Marpasang di Huta Ginjang, Dusun Sosor Julu, Desa Tipang Kecamatan Bakti Raja pada Minggu (4/10/2020).

IMG-20240227-124711

Lahan yang dulunya perkampungan Debataraja-Sunggu Marpasang itu diserahkan secara simbolis dari warga Sosor Julu yang diwakili Hadyanto Simamora, Herman Simamora, Suang Simamora dan Usmer Simamora kepada perwakilan Pomparan Simamora Debataraja yang diterima Janto Simamora (Babiat Naingol), Aslin Simamora (Sampetua) dan KK Maridun Simamora (Marbulang).

Selanjutnya lahan yang berukuran 20 x 22 Meter persegi itu diserahkan Pomparan Simamora Debataraja kepada Panitia Pembangunan Tugu Simamora Debataraja yang sudah dilantik pada 20 Juli 2019 di Jakarta.

Panitia yang menerima Ketua Umum Eben Ezer Simamora, Sekretaris Umum Rockefeller Simamora, Bendahara Umum Jhon Piker Simamora dan Ketua Bidang Pengadaan Lahan Nimhot Simamora.

Pejabat Bupati Humbang Hasundutan SP Simamora seusai menyaksikan penanda tangan berita acara penyerahan lahan memberikan apresiasi kepada seluruh Pomparan Simamora Debataraja yang tinggal di Dusun III Sosor Julu.

“Saya mengucapkan terima kasih atas ketulusan saudara-saudaraku Pomparan Simamora Debataraja yang memberikan lahan untuk pembangunan Tugu Simamora Debataraja-Sunggu Marpasang secara iklas dan sukarela. Ini jadi titik awal bagi seluruh Pomparan Simamora Debataraja dimanapun untuk bisa mewujudkan berdirinya tugu sebagai pertanda dan pada akhirnya menambah situs sejarah disekitar Kawasan Geopark Kaldera Toba (GKT) yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai Anggota Global Geoparks Network (GGN) UNESCO,”katanya.

Menurutnya, lokasi pembangunan tugu yang diberikan ini sangat strategis karena langsung menghadap hamparan Danau Toba yang sangat indah.

Pada kesempatan itu,ia berpesan, segera laksanakan pembangunan tugu, karena Pemkab Humbahas sangat mendukung untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat disekitarnya, terutama di bidang pariwisata.

Karena lahan pertanian yang semakin terbatas, sudah selayaknya kegiatan kepariwisataan layak dikembangkan di tengah-tengah masyarakat disekitarnya,katanya.

Sementara Ketua Umum Panitia Eben Ezer Simamora didampingi Rockefeller Simamora, Jhon Piker Simamora dan Nimrot Simamora juga mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Dusun III Sosor Julu Desa Tipang.

Pada kesempatan itu, panitia menyerahkan Demban Tiar sebesar Rp5 juta yang diterima perwakilan warga Hadiyanto Simamora.

Menurut Eben Ezer Simamora, upaya pencarian lahan untuk lokasi pembangunan tugu sudah dilaksanakan sejak Agustus 2019 dan akhirnya setelah lebih satu tahun bisa terwujud. Panitia sangat berterima kasih kepada Tim Pengadaan Lahan Nimhot Simamora yang beberapa kali turun meninjau sejumlah lokasi yang sebelumnya diusulkan berbagai pihak.

Setidaknya ada 5 lokasi yang langsung ditinjau Bidang Pengadaan Lahan di kawasan Kecamatan Dolok Sanggul dan Bakti Raja,dan pada pertengahan September 2020 lokasi pun ditemukan,katanya.

Hanya berselang beberapa hari, setelah adanya surat pernyataan yang ditanda tangani 39 warga Sosor Julu, Panitia pun mengadakan rapat menindak-lanjutinya, yakni menggelar acara penyerahan lahan dari warga kepada Pomparan dan Panitia Pembangunan Tugu Simamora Debataraja.

“Kehadiran Panitia Pembangunan memang tidak maksimal di acara penyerahan ini, namun saya yakin dan percaya, seluruh Pomparan Simamora Debataraja akan sangat mendukung pembangunan Tugu Simamora Debataraja-Sunggu Marpasang yang berlokasi di Desa Tipang,”katanya sembari menegaskan bahwa Desa Tipang adalah Bonapasogit (Kampung Halaman) dari seluruh Pomparan Simamora Debataraja.

Acara yang menerapkan Protokol Kesehatan itu dihadiri seluruh warga Dusun III Sosor Julu, Pejabat Kepala Desa Tipang Roida Tamba, Camat Bakti Raja Astri L Simanulang SSTP,MM, dan sejumlah undangan dari Medan, P.Siantar, dan Dolok Sanggul.

Setelah acara penyerahan lahan, dilanjutkan dengan pelaksanaan ibadah dipimpin Pastor P.Mansuetus Demon dari Paroki Dolok Sanggul dan makan siang bersama.

Karena keterharuannya kepada warga Dusun III Sosor Julu, Ketua Umum Panitia Pembangunan Tugu Simamora Debataraja memberikan oleh-oleh berupa satu buah sarung kepada setiap keluarga, sedangkan Antonius Simamora memberikan donasi sebesar Rp1 juta untuk menambah kas PSDBB Tipang.
(Rel)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *