IMG-20240409-WA0045

Seksi Hukum Polres Humbahas Gelar Penyuluhan Hukum

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Polres Humbahas (Humbahas), melalui Seksi Hukum memberikan penyuluhan hukum sebagai wujud Polri Presisi menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 pada Senin (26/09/2022).

IMG-20240227-124711

Tim Sosialisasi Bidang Hukum dipimpin Kasi Hukum Polres Humbahas AKP A.B Siregar dengan anggota Aipda R.H Sibarani, S.H dan Brigadir Poltak Pasaribu, S.H.

Penyuluhan hukum ini diharapkan dapat membantu setiap anggota Polri agar lebih memahami dan mengaplikasikan hukum positif dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan dan ketertiban kepada masyarakat, penegakan hukum memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sebagai pintu gerbang keadilan untuk masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Kabag Ops Kompol Septian Dwi Rianto, para Kasatfug, para Kapolsek jajaran Humbahas dan para Kanit/Kasi.

Dalam sosialisasi kali ini, Basi Hukum Polres Humbahas Brigadir Poltak Pasaribu, menyampaikan materi sosialisasi hukum tentang Implementasi dan Standart HAM dalam tugas Polri dan Perkap No 1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan.

Brigadir Poltak juga menjelaskan Pemahaman tentang cara bertindak dan kewajiban setiap anggota Polri pada saat menerima laporan, pengaduan, tertangkap tangan dan ditemukan langsung tentang dugaan tindak pidana dan Penekanan kepada pengembang tugas penyidik / pembantu wajib memahami tentang pemidanaan yang diterangkan dalam 569 Pasal pidana serta aturan formilnya ditambah dengan UU Lex Specialis.

Kesemuanya itu didasari dari SOP yang diberikan atasan pada saat pemberian AAP (acara arahan pimpinan) dalam aturan tentang waskat atau pengawasan melekat Perkap 2 Tahun 2022, tegas Brigadir Poltak.

Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin, melalui Kasi Hukum Polres Humbahas AKP A.B Siregar menjelaskan penyuluhan hukum tersebut untuk memberikan pemahaman kepada personil tentang ketentuan perundang-undangan yang terkait pelaksanaan tugas polri khususnya tentang kode etik di lingkungan Polri.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya juga memberikan penekanan agar personil tidak melakukan pelanggaran yang bisa menurunkan citra Polri dan dapat melaksanakan tugas dengan baik. (tbh Mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *