Asal-Usul Nama Kota Tanjungpinang

IMG-20240409-WA0076

Tanjungpinang, TRIBRATA TV

Setiap daerah pastinya mempunyai cerita unik di balik penyebutan nama daerahnya. Begitu juga dengan Tanjung Pinang. Tak semua tahu tentang asal usul dibalik nama Ibukota Provinsi Kepulauan Riau itu.

IMG-20240227-124711

Asal nama Tanjungpinang memiliki arti tersendiri. Diambil dari posisinya yang menjorok ke laut dan banyak ditumbuhi sejenis pohon pinang diwaktu itu.

Konon pohon pinang ini sengaja ditanam ditepian semenanjung dengan maksud sebagai petunjuk jalan.

Pohon pinang dipilih karena pohonnya dapat tumbuh hingga menjulang tinggi dan memiliki daya tumbuh yang kuat jika dibandingkan pohon lain.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sasi (75) sesepuh warga Tanjungpinang.

Pria uzur ini mengaku masuk ke Tanjungpinang pada tahun 70 an ke Tanjungpinang.

Dalam usia mudah Sasi merantau di Tanjungpinang. Kemudian ia menetap di Jalan Kemboja Tanjungpinang Barat sampai saat ini.

“Nama Tanjungpinang itu, diambil dari pohon pinang. Jadi, daerah semenanjung atau tepi pantai banyak pohon pinang dikala itu. Makanya, dinamakan Tanjungpinang, ” ucap Sasi, Minggu (19/9/2022)

Sasi juga menambahkan, pada tahun 90 masih ada pohon pinang di Jalan Teuku Umar yakni di Pasar Km 0.

“Berjejer pohon pinang di Halan Teuku Umar tersebut. Ya, sekarang sudah tidak ada,” katanya.

Sasi juga berharap, kepada Pemerintah Daerah agar dibangun monumen pohon pinang.

“Saya berharap monumen pohon pinang ada. Karena asal usul Tanjungpinang awalnya ada pohon pinang,” ujarnya lagi.

Diketahui,Kota Tanjungpinang dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2001 yang ditandatangani oleh Presiden RI Abdurrahman Wahid pada tanggal 21 Juni 2001, dan dicatat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 85.

Peresmian Kota Tanjungpinang oleh Menteri Dalam Negeri Dan Otonomi Daerah Hari Sabarno, dilaksanakan secara serentak bersama 11 kota lainnya pada tanggal 17 Oktober 2001 di Jakarta. Tanggal peresmian Kota Tanjungpinang inilah yang dijadikan sebagai momen peringatan ulang tahun Kota Tanjungpinang sebagai kota otonom.

Seminggu kemudian, atau tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2001, Gubernur Riau H. Saleh Djasit, SH melantik Dra. Hj. Suryatati A Manan sebagai Penjabat Walikota Tanjungpinang dimasa itu

Sementara ini data yang didapat dari media ini, jumlah penduduk Kota Tanjungpinang sebanyak 227.069 jiwa. (m.holul)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *