IMG-20240409-WA0045

Pokdarwis Tanjung Bunga Siap Memandu Pendaki Pusuk Buhit

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Demi mendukung pemerintah menggalakkan pariwisata Samosir, masyarakat dan Karang Taruna Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

IMG-20240227-124711

Pokdarwis ini siap menjadi pemandu dan fasilitator para pendaki Gunung Pusuk Buhit, dimana mereka telah membentuk posko dan call center yang siap memanjakan para wisatawan. Selain itu, rumah masyarakat di Dusun Sitao-tao ditata menjadi home stay dan menyediakan lahan parkir untuk kendaraan.

Ketua Pokdarwis Polmen Naibaho yang ditemui wartawan, Jumat (19/9/2020) ketika mengikuti gotong royong pembenahan posko di Tanjung Bunga mengatakan kegiatan mereka didukung penuh oleh pemerintah dan perantau asal Desa Tanjung Bunga, dimana saat gotong royong berlangsung beberapa perangkat desa juga turut hadir.

“Fokus dari pokdarwis ini adalah untuk memberdayakan potensi wisata yang ada di Desa Tanjung Bunga dimana karang taruna menjadi pelaksananya. Kita mendorong muda-mudi untuk berkreasi dalam meningkatkan ekonominya melalui sektor pariwisata”, ungkapnya.

Polmen juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Samosir agar sudi memberikan perhatiannya, karena saat ini akses jalan dari Tanjung Bunga menuju Dusun Sitao-tao masih kurang baik. “Jalan menuju Dusun Sitao-tao ini masih setengah saja yang bagus, kalau ini sudah di aspal semua maka memudahkan para pendaki menuju tempat parkir yang sudah kita siapkan”, tegasnya.

Dalam pelaksanaan nantinya, pokdarwis ini akan melakukan pengechekan barang bawaan para pendaki sebelum berangkat dan setelah turun, tujuannya agar para pendaki tidak meninggalkan sampah di puncak maupun dijalur pendakian.

Menurut informasi, jalur pendakian rute timur melalui Dusun Sitao-tao Desa Tanjung Bunga ini memiliki tiga rute yang bervariasi menuju puncak Gunung Pusuk Buhit dan dapat ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan. Selain itu jalur ini juga melintasi beberapa lokasi wisata, seperti Guru Suppangon dan Aek Parsuangan. (Dodye Sinaga)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *