Ditargetkan Tuntas 2022, BPN Jatim Puji Kesigapan Banyuwang Sertifikat Aset Daerah

IMG-20240310-164257

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur Jonahar memuji kesigapan Pemkab Banyuwangi dalam melakukan sertifikat aset tanah daerah.

IMG-20240227-124711

“Yang jelas di wilayah Jawa Timur. Banyuwangi menjadi kabupaten yang paling banyak mengajukan sertifikat aset tanah daerah. Saya mengapresiasi inisiatif ini, “ungkap Jonahar saat silahturahmi bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pada Rabu (8/9/2021) lalu.

Jonahar memastikan Kanwil BPN Jawa Timur akan memberikan berbagai kemudahan dalam proses pengurusan aset -aset tersebut. “Kami siap melakukan langkah-langkah percepatan guna mengejar target Banyuwangi untuk bisa menuntaskan sertifikasi seluruh aset-asetnya pada tahun depan, “imbuhnya.

Bupati Banyuwangi sendiri menargetkan pada 2022 mendatang aset daerah sebanyak 3.922 bidang tanah telah tersertifikat. Hal ini sebagai upaya melindungi aset daerah.

“Sebagaimana arahan KPK aset-aset daerah diberi tenggat selama tiga tahun untuk bisa disertifikat semua. Tapi kami berkomitnen untuk bisa menyelesaikan ini pada 2022,”terang Bupati Ipuk.

Dengan adanya sertifikat aset-aset daerah ini, imbuh Ipuk, diharapkan juga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi Mudjiono menegaskan, dari target 3.922 bidang tanah itu, awalnya dijadwalkan bertahap selama tiga tahun.Tahun 2021 ini ditargetkan tuntas 2.132 bidang yang tersertifikat. Lalu dilanjutkan tahun berikutnya sebanyak 1.232 bidang dari 558 bidang.

“Namun jika Bupati menargetkan tahun 2022 harus tuntas maka tahun kedua akan kita selesaikan, “ujarnya.

Lebih lanjut Mudjiono juga menyebutkan aset-aset tersebut kebanyakan berupa tanah dibawah jalan, tanah irigasi dan bangunan. “Seperti kantor pemerintahan, sekolah, pukesmas dan lainnya,”katanya.

Selain aset-aset Pemkab Banyuwangi BPN juga akan menyertifikat aset-aset yang dimiliki oleh TNI dan Polri. Pada kunjungannya tersebut, juga diserahkan secara simbolik 16 buah sertifikat atas aset tanah milik Kodim 0825 Banyuwangi. Yang mana diterima langsung oleh Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto. (irawan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *