Ironis, Tanaman Sawit PTPN IV Unit Ajamu Tak Terawat

IMG-20240310-164257

Labuhanbatu, TRIBRATA TV

Sangat ironis, perusahaan perkebunan BUMN sebesar PTPN IV Unit Ajamu 1, Kecamatan Panai Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara, seakan menelantarkan perawatan pohon sawit. Tampak banyak batang pohon sawit yang digerogoti benalu (parasit) namun dibiarkan.

IMG-20240227-124711

Hal ini tentu menjadi tanda tanya, mengapa manajemen PTPN IV Unit Ajamu 1 membiarkan pohon yang menghasilkan devisa negara ini hidup berdampingan dengan parasit.

Terlihat jelas banyak pohon sawit dililit benalu yang rindang. Bahkan banyak pohon sawitnya sudah tak terlihat karena tertutup benalu.

Sulit menyakini jika hal ini terjadi karena ketiadaan biaya perawatan bagi sebuah perusahaan perkebunan sebesar PTPN IV.

Dengan sinis masyarakat sekitarpun memberikan acungan jempol pada
D. HTL, Manager Perkebunan PTPN IV Unit Ajamu 1. Pimpinan unit perkebunan ini dinilai telah “berhasil” meningkatkan kesuburan benalu di perkebunan sawit.

“Terimakasih informasinya, silahkan tanya kepada asisten,” jawab D HTL saat dikonfirmasi terkait hal ini melalui pesan WhatsApp, Kamis (9/9/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB.

Dari penelusuran media ini dalam satu blok, diperkirakan ratusan pohon sawit yang tumbuh berkembang bersama dengan benalu.

Sayangnya, Saiful Lubis, Asisten Unit Ajamu tidak dapat dikonfirmasi.

Sangat disayangkan jika perusahaan negara yang menjadi salah satu penyumbang keuangan negara tidak memiliki biaya perawatan.

Apalagi saat ini harga tandan buah sawit tengah naik, yang tentu saja membawa pengaruh pada pendapatan negara. Namun sayangnya mungkin karena pengawasan yang lemah mengakibatkan unit perkebunan ini terus membiarkan tanamannya tak terawat. (Marhite Rajagukguk)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *