TPL Berdayakan Tumpang Sari Lahan Dukung Ekonomi Warga

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan lahan pertanian yang belum dioptimalkan, perusahaan Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), berupaya menjalin kerjasama dengan masyarakat.

IMG-20240227-124711

Kali ini PT TPL menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan petani di Dusun Simumbal, Desa Aek Raja Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara berbentuk tumpang sari di areal PKR (Perkebunan Kayu Rakyat) milik Kondar Manalu seluas kurang lebih 1,5 hektar.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama PT TPL dengan masyarakat yang ada di area operasional Sektor Aek Raja. Kondar Manalu selaku pemilik area lahan yang dijadikan PKR di Desa Aek Raja, menyebutkan bantuan tanaman kehidupan dan tumpang sari dari perusahaan ini merupakan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebelum ada perusahaan, mata pencaharian masyarakat disini kurang memadai. Kehadiran PT TPL 5 tahun belakangan ini sudah banyak yang dirasakan masyarakat,” ujar Kondar, Jumat (10/9/2021).

Kondar menambahkan sejak keberadaan perusahaan penghasil bubur kertas tersebut, Desa Aek Raja semakin ramai dibandingkan sebelumnya.

“Daerah ini tidak sepi lagi bila dibandingkan 10 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Kondar berharap kerjasama masyarakat dan PT TPL Sektor Aek Raja dapat terus berlanjut. “Kami harapkan TPL tetap melibatkan dan memberdayakan petani setempat,” pintanya.

Terpisah Humas PT TPL Sektor Aek Raja, Jubpri Sibuea mengatakan seremonial tanam perdana tumpang sari di areal yang akan ditanami Eukaliptus ini baru bisa dikerjakan tahun 2021 setelah melakukan perjanjian kerjasama tanaman kehidupan dan tumpang sari dengan pemilik PKR Kondar Manalu.

Jubpri menambahkan, di area ini akan ditanami tanaman jagung, kemudian di pinggiran area ditanami tanaman kehidupan seperti alpukat dan aren.

“Tanaman ini dipilih karena bisa dipastikan dapat tumbuh di area ini dan diprediksi akan menghasilkan buah, sesuai dengan goal perusahaan untuk menambah pendapatan dari masyarakat,” ujar Jubpri. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *