Ruang Kelas Tanpa Plafon, Kegiatan Belajar Mengajar di SMAN 1 Mazo Tidak Nyaman

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Melayani para murid dengan sarana prasarana yang kurang baik akan menghasilkan mutu pendidikan yang kurang baik atau tidak setara dengan sekolah lain.

IMG-20240227-124711

Demikian pengakuan Yanuari Laia, S.Pd kepada Jurnalis TRIBRATA TV, Jum’at (9/9/2022) di SMA Negeri 1 Mazo yang berlokasi di Ibu kota Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan.

“Bagaimana saya tidak mengatakan demikian pak, gedung sekolah ini waktu diserahterimakan kepada saya oleh Kasek lama plafonnya tidak terpasang dan saya sudah berusaha untuk mengajukan pembangunannya namun sampai saat ini tak kunjung dibangun,’ ungkap Yanuari Laia.

Kami sangat tidak nyaman saat terik karena kepanasan dan jika hujan kami basah kuyup karena atapnya banyak yang bocor, baik karena termakan usia maupun karena kesalahan teknik pemasangan atapnya, keluh Yanuari.

Di sekolah ini ada 3 guru ASN, 5 GTTP dengan jumlah murid 105 dibagi 3 rombongan belajar. SMAN 1 Mazo memiliki 4 ruang namun 1 ruang tidak layak dipakai akibat kerusakan atap (bocor) dan dindingnya.

“Kami memiliki perpustakaan dan laboratorium namun, perlu direhabilitasi. Demikian juga mobiiler sangat kekurangan, kursi dan meja siswa dan guru sudah tidak memadai baik jumlah maupun kualitasnya,” tambah Yanuari Laia, S.Pd.

Menurut Kepala SMA Negri 1 Mazo, keberadaan sekolah ini sangatlah tepat mengingat daerah disekitarnya masih belum terhubung dengan jalan beraspal, sehingga sekolah ini memberikan solusi bagi orang tua murid yang kurang mampu, sehingga murid dan para calon murid yang bertempat tinggal dalam radius 1-5 Km masih bisa menjangkau untuk belajar sekalipun mereka berjalan kaki.

“Sehubungan dengan keadaan sekolah, kami sangat berterima kasih kepada Media Online dalam hal ini TRIBRATA TV sudah berkenan berkunjung melihat langsung keadaan sekolah kami sehingga kami merasakan bahwa beban yang kami alami sedikit berkurang karena ada yang peduli mengangkat kesulitan yang kami alami kurang lebih 10 tahun ini”, ujarnya.

Ia berharap melalui Media Online TRIBRATA TV dan media yang lain agar terjalin kerjasama yang bijaksana untuk kemajuan bersama. “Terlebih-lebih kami berterima kasih dan berharap bantuan dari Bapak Kepala Cabang Pendidikan SMA/SMK Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Selatan yang baru so pasti mempunyai metode terbaru untuk kemajuan SMA dan SMK Negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Nias Selatan,”harapnya. (Sn.Telaumbanua)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *