Dorong Peningkatan PAD, DPRD Samosir Konsultasi ke Pemkab Humbang Hasundutan

IMG-20240310-164257

Samosir, TRIBRATA TV

Komisi I DPRD Kabupaten Samosir melakukan Konsultasi dan Koordinasi terkait dengan Pengelolaan ADD dan Dana Desa dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (9/9/2020).

IMG-20240227-124711

Rombongan anggota DPRD Samosir diterima Kepala Dinas DPMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan Elson Sihotang. Konsultasi dan Koordinasi Komisi I DPRD Samosir didampingi oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Samosir dan Plt. Kabag Perundang-undangan dan Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Samosir.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Samosir, Polten Simbolon,SE,MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan konsultasi dan koordinasi ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan pengelolaan ADD dan Dana Desa terutama untuk program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat, selain itu juga perlu mendapat informasi terkait Simpan Pinjam Perempuan yang dulu masuk dalam program PNPM serta Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.

“Kita ingin mengetahui sejauh mana peran pemberdayaan masyarakat melalui kelompok ataupun Bumdes dalam peningkatan PAD khusus untuk Pendapatan asli desa,” ujar Polten.

Sekaitan dengan itu Kepala Dinas DPMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sangat proaktif untuk mendorong setiap desa mendirikan Bumdes atau pun kelompok perempuan sebagai upaya untuk pemberdayaan masyarakat.

“Diharapkan nantinya melalui Bumdes atau kelompok ini maka Pendapatan masyarakat dapat meningkat dan tentu Pendapatan Desa pun ada,” ujar Elson Sihotang.

Untuk Bumdes yang ada di Humbang Hasundutan membidangi atau bergerak dibidang pertanian dan peralatan pesta contohnya Kios Tani, sewa traktor, perkakas pesta,rumah kompos dan toko sembako. Kita juga menekankan agar pendirian Bumdes tidak menggangu usaha yang sama, artinya ada persaingan sehat, katanya.

Mendengar penjelasan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Samosir Saur Tua Silalahi,ST menyampaikan terimakasih. “Kiranya masukan dan informasi yang didapatkan nantinya sebagai bahan untuk kami sampaikan ke dinas terkait yang ada di Kabupaten Samosir,” kata politisi Partai Gerindra tersebut. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *