Video: Pelepasan Kontingen Papua Pada PON XX

IMG-20240310-164257

Jayapura, TRIBRATA TV

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe melepas kontingen PON XX Papua di Stadion Mandala Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/9/2021)

IMG-20240227-124711

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua selaku Ketua Kontingen Provinsi Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budi Achmadi, Ketua Harian PB PON XX Papua Dr. Yunus Wonda, Ketua Harian PEPARNAS XVI Papua Doren Wakerkwa, Kasdam XVII/Cenderawasih selaku Ketua Pusat Latihan KONI Papua Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano serta para tamu undangan yang hadir.

Kegiatan diawali dengan Laporan Ketua Pusat Latihan KONI Provinsi Papua oleh Kasdam XVII/ Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, yang mengatakan 90 % atlet Papua sudah kembali ke Papua.

Beberapa Cabor yang sudah kembali ke Papua yakni, Cluster Kota Jayapura yaitu Karate, Taekwondo, Tinju, Tenis, Sepak Takraw, Sepatu Roda dan Renang Terbuka. Cluster Kabupaten Jayapura yakni Baseball, Softball, Cricket, Polo Air, Muathai, Pencak Silat, Selam, Panahan, Loncat Indah, Renang Artistik, Sepak Bola Putra. Cluster Kabupaten Mimika yakni Terjun Payung, Bilyard, Panjat Tebing, Bola Tangan, Futsal, Judo. Dan Cluster Kabupaten Merauke yakni Anggar, Gulat, Wushu dan Sepak Bola Putri.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Bapak Gubernur Papua sehingga seluruh kegiatan Puslat KONI Papua berjalan lancar. Kami juga berterima kasih kepada KONI Papua beserta jajaran atas kordinasi dan Kerjasama,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya, mengatakan dengan terbentuknya dan berjalannya Puslatprov Papua, diharapkan bisa mencetak atlet, pelatih, asisten pelatih, dan official unggulan.

“Dalam mendukung atlet beserta pelatih juga kami memberikan dukungan dari sisi kesejahteraannya agar dapat meningkatkan semangat dan motivasi dari seluruh atlet Papua,” tandasnya.

Dari keseluruhan langkah—langkah program tersebut yang telah diramu dan dilaksanakan, tahap terakhir sebelum kita bertanding di PON YX 2021 Papua yaitu melakukan Aklimatisasi dari setiap Atlet yang akan bertanding, katanya lagi.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan cukup bahagia, karena diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah PON ke XX. “Ini menjadi bukti bahwa kita Papua siap dan sanggup untuk mensukseskan PON,” kata Gubernur.

Tahun ini memang menjadi tahun yang istimewa bagi Penyelenggaraan PON. Sebab kita juga masih berhadapan dengan Pandemi Covid-19. Merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang yang perlu kita lalui bersama. Hal tersebut karena keberhasilan penyelenggaraan PON XX Papua nanti menjadi simbol kemenangan untuk mengalahkan Pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur, ada 4 sukses yang harus dijunjung tinggi yakni sukses penyelenggara, sukses prestasi, sukses adminitrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi pembangunan.

Kesuksesan PON XX Papua 2021 akan menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, persiapan harus terus kita kejar dan matangkan. Tidak boleh ada kelengahan sedikitpun. Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan Bangsa Indonesia dalam urusan olahraga.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK dan Panji Kontingen dari Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe kepada Ketua Kontingen Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dan apel pelepasan Kontingen PON XX Papua tahun 2021. (Edrin/r)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *