IMG-20240409-WA0045

Warga Belawan Protes Pemasangan Pagar Rel KA

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Hari kedua penggusuran permukiman pinggiran rel kereta api di Belawan nyaris rusuh, dikarenakan warga keberatan atas penutupan akses jalan dengan pagar rel besi pada Minggu (6/9/2020) di seputaran pompa Belawan.

IMG-20240227-124711

Sebelumnya dihari pertama proses penggusuran berjalan lancar, karena kebanyakan masyarakat menganggap pihak PT KAI hanya mengurusi jarak kanan kiri rumah dengan rel saja. Namun dihari kedua masyarakat melakukan perlawanan karena ada pemasangan pagar besi rel kereta api yang tidak ada dalam kesepakatan.

Berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat dengan PT KAI tentang pemasangan pagar rel kereta api semula tidak dibicarakan. “Tiba tiba dipasang pagar didepan pintu rumah saya serta akses jalan besar kami,”kata Dahlia Lubis dan ibu Ginting. Mereka minta jalan dan rumah kami jangan ditutup karena kami bukan binatang, kami manusia mau lewat dari mana kalau mau keluar jadi jangan ditutup kalau ditutup kami ribut.

“Kami warga lingkungan 1 menentang adanya pemasangan pagar ini” kata salah seorang warga lingkungan 1 yang tidak mau disebutkan namanya.

Melalui perwakilan masyarakat salah satunya Tambos memberikan keterangan kepada masyarakat tentang hasil pertemuannya dengan PT KAI. Salah satunya “fungsi pagar besi dibuat untuk menutup kemungkinan berkembangnya jual sayur disini dan setelah setahun baru dibuka, dan memasang pagar besi rel kereta api 3 batang per rumah”.

Harapan masyarakat agar pagar besi dibuka. “Jangan kalian kandangkan kami, buka lah Pak pagar ini agar kereta dan becak kami bisa keluar masuk,” ujar mereka. (P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *