IMG-20240409-WA0045

PT KAI Tertibkan Bangunan di Pinggir Rel

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Dianggap menganggu dan membahayakan operasional atau perjalanan kereta api (KA) di Emplasemen Belawan, sejumlah bangunan yang selama ini dimanfaatkan sebagai tempat dagangan dibongkar oleh pihak PT Kereta Api Indonesia(KAI), Sabtu (5/9/2020).

IMG-20240227-124711

Dalam kegiatan penertiban yang mendapat pengawalan kepolisian, Satpol PP dan sejumlah personel TNI tersebut, pihak PT KAI juga menurunkan puluhan petugasnya serta 3 unit alat berat untuk merubuhkan bangunan permanen maupun kios. Pembongkaran ini tidak mendapat perlawanan berarti dari kalangan pedagang maupun pihak pengelola kios.

Namun untuk menghindari terjadinya kerusakan terhadap material bangunan akibat hantaman alat berat, sejumlah warga tampak membongkar sendiri kios maupun bangunan permanen tempat dagangan mereka.

Seorang pedagang sayur mayur yang sudah 25 tahun berdagang menangis histeris. “Saya punya anak mau kasih makan apa karena lapak dagangan digusur tanpa ganti rugi,” katanya.

Pihak PT KAI yang dikonfirmasi wartawan melalui petugas Humas, Mahendro mengatakan, penertiban ini dilakukan dengan membongkar bangunan maupun tempat dagangan yang berjarak 4 meter dari sisi kiri dan kanan lintasan kereta api. Sesuai ketentuan, seharusnya penertiban tersebut dilakukan terhadap bangunan maupun tempat dagangan tanpa izin yang lokasinya berjarak 12 meter dari sisi kiri kanan lintasan kereta api.

“Rencananya ada dua ratusan bangunan yang akan ditertibkan secara bertahap, namun intinya, biar jalur kereta api steril dahulu, kedepannya apabila berada disset , seluruh bangunan akan ditertibkan,” ujar Mahendro kepada wartawan.

Ia juga mengatakan, penerbitan tahap awal hanya dilakukan terhadap bangunan dan kios dagangan yang berjarak 4 meter dari lintasan kereta api, untuk menghindari terjadinya kegaduhan.

“Kalau menurut aturan akan terjadi benturan, pada situasi covid, kita tidak mungkin membuat kegaduhan, istilahnya kita lakukan secara bertahap,” ujar pihak Humas PT KAI.(P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *