Hukum  

Kesultanan Deli Menang Gugat PTPN II Atas Lahan Sampali

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Kesultanan Deli menangkan gugatan terhadap lahan PTPN II berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Lubuk Pakam.

IMG-20240227-124711

Berdasarkan keputusan Pengadilan Tinggi Medan No 219/pdt/2020/PT MDN 2 Juli 2020 memenangkan kesultanan Deli terhadap PTPN II atas tanah seluas 24 hektar di Jalan Metreologi Percut Sei Tuan,Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya Kesultanan Deli, atas nama Tengku Osman Amal Ganda Wahid bin Rengku Azmi Perkasa Alam, menggugat PTPN II terhadap lahan di Jalan Desa Sampali/Jalan Metrologi Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.Lokasi itu berbatasan dengan Perumahan Mutiara Residen.

Atas putusan ini pihak PTPN II melakukan upaya banding ke Pengadllan Tinggi Medan.

Kuasa hukum Tengku Osman Amal, Syahputra Lubis SH mengatakan hal itu sesuai putusan no. 245/Pdt. 2018/Pn/lbp, PN Lubuk Pakam.

Isi putusan menyatakan Kesultanan Deli incasu penggugat adalah pemilik sah tanah adat kebun “Mabar” seluas 242.100 m2 atau setidak tidaknya seluas 24.21 hektar dengan batas-batas; sebelah utara berbatasan dengan Jalan Meteorologi Pasar XII, sebelah selatan berbatasan dengan tembok Perumahan Pancing Mas.

Kemudian sebelah timur berbatasan dengan Jalan Trikora atau kandang lembu dan sebelah barat berbatasan dengan Jalan Selamat Ketaren Ujung.

Menurut Syahputra Lubis, ia perlu menyampaikan hal ini untuk mempertegas bahwa lahan tersebut masih dalam proses hukum di pengadilan sehingga masyarakat dapat mengetahuinya.

Kesultanan Deli saat ini juga telah melakukan gugatan atas lahan LPP (Lembaga Pendidikan Perkebunan) yang beralamat di Jalan Wiliem Iskandar, Pancing, di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam dengan no perkara 126/pdt.G/2020/lbp.

Ditambahkan Syahputra Lubis, sebagai pengacara dari Kesultanan Deli atas dasar keputusan Pengadilan Tinggi Medan yang telah dimenangkan kesultanan Deli  intervensi PTPN II dan pihak pihak yang terkait agar segera mengosongkan lahan tersebut.(tim)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *