IMG-20240409-WA0045
Hukum  

Diduga SIM Palsu, Oknum Calo Tawarkan Kemudahan Pembuatan SIM Via Medsos

IMG-20240409-WA0076

Surabaya, TRIBRATA TV

Media sosial sedang viral dengan beredarnya diduga calo Surat Ijin Mengemudi (SIM), di Surabaya yang menjanjikan kemudahan dalam pembuatannya.

IMG-20240227-124711

Terduga calo itu menulis jika bisa membantu membuatkan SIM baru hanya dengan mengirim foto copy (FC) KTP dan foto diri berwarna setengah badan.

Pemilik akun yang viral bernama, RBT tersebut menyebar bisnisnya jasa membuat SIM baru dengan cepat dan mudah diberbagai grup di Facebook.

“Monggo mungkin ada yang butuh guys menerima pembuatan sim baru, A,C,B1,B2 umum,DLL dijamin amanah dan syarat tanpa ribet,
stay at home,(Tinggal tggu drmah sja) data ckup dikirim Iwat WA sja,alias gk usah ikut ke samsat,” tulisnya.

Bahkan, sebelum pengerjaan RBT ini lebih dulu memberikan no telphone untuk info lebih lanjut dan juga tanya-tanya dengan nomer 081933******. Dan hanya menerima pembuatan baru saja se Indonesia.

Ketika awak media mencoba memesan SIM melalui nomer tersebut. Diduga pelaku langsung merespon dengan menjawab chatt melalui WhatsApp.

“Untuk SIM C harga 850 ribu dijamin jadi hanya kirim KTP dan Foto saja, pembayaran dirumah saja biar aman,” jelasnya.

Setelah deal harga, terduga pembuat SIM instans ini akhirnya memberi alamat rumahnya melalui aplikasi share lokasi.

Sementara, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan, jika dalam pembuatan maupun perpanjangan, setiap pemohon SIM harus hadir datang guna mengikuti teori dan juga mengisi data.

“Pemohon harus datang sendiri dan tidak ada sistim seperti itu,” sebut Teddy, Minggu (23/8/2020).

Lebih lanjut Teddy menambahkan jika saat ini sistem pembuatan SIM sudah berbeda dengan jaman dulu. Pihaknya menduga jika SIM itu palsu.

“Diduga SIM nya palsu itu, apalagi dia hanya melayani pembuatan baru, jika terbukti, itu adalah perbuatan kriminal dan akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.(Redho)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *