IMG-20240409-WA0045

Bupati Taput Canangkan Program Mina Padi dan IP 2 di Desa Hutauruk Hasundutan

IMG-20240409-WA0076

Taput, TRIBRATA TV

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan canangkan mina padi dan Indeks Pertanaman 2 X dalam setahun (IP2) di Dusun I Lumban Soit Desa Hutauruk Hasundutan Kecamatan Sipoholon, Sabtu (15/8/2020).

IMG-20240227-124711

Mina padi merupakan suatu bentuk usaha tani gabungan dengan memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

Pada kesempatan ini Bupati bersama
Ketua DPRD Poltak Pakpahan didampingi Anggota DPRD Ombun Simanjuntak, Kadis Ketapang dan Perikanan Longgos Pandiangan, Kadis Pertanian SEY Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD serta Camat Sipoholon Richan Situmorang menyerahkan bantuan benih ikan dan pakan ikan serta bantuan ternak kambing.

Usai menyerahkan berbagai bantuan tersebut, Bupati dan Ketua DPRD turut bersama para petani bercocok tanam dan dilanjutkan dengan menaburkan benih ikan pada lokasi milik Roy Pandiangan.

“Kita siap membantu warga yang ingin maju, saya sangat semangat apabila ada warga yang mendukung program ketahanan pangan. Berbagai bantuan alsintan yang kita berikan kepada petani maupun kelompok namun tidak dipergunakan secara maksimal, saya berharap kedepannya tidak terjadi lagi,” ucap Bupati dihadapan masyarakat dan beberapa kelompok tani.

“Kita akan merubah konsep lama dengan pola brigade tanam perkecamatan yang didukung dengan data lengkap, mekanisme dengan pengaturan camat dan koordinator PPL, yang terutama ada pola pertanian masing-masing yaitu one vilage one produk agar memberikan hasil yang maksimal. Dengan konsep ini juga para anggota dapat menikmati alsintan tersebut dan diutamakan dapat menjaga kekompakan kelompok,” lanjut Bupati.

Bupati menjelaskan kepada masyarakat kondisi perekonomian saat ini namun tetap mengajak para petani untuk selalu semangat dalam berusaha.

“Saya butuh doa dukungan masyarakat semua agar cita cita bersama ini dapat terwujud. Semoga melalui Mina Padi dan IP2 ini nantinya akan memberikan hasil yang perlipat ganda bagi para petani. Lakukan secepatnya pertanian IP2, masyarakat harus kompak dan bersatu,” ujar Bupati yang dilanjutkan dengan makan bersama masyarakat di tengah lokasi persawahan tersebut.

Roi Pandiangan selaku pengelola lokasi sekitar 1 hektar tersebut menjelaskan kepada Bupati atas rencana dan upaya yang telah dilakukannya.

“Kami merasakan program Bapak Nikson membuka peluang kepada kami generasi muda untuk melakukan upaya peningkatan penghasilan melalui mina padi. Kedepan saya akan kembangkan menjadi agro wisata. Terimakasih atas perhatian Bapak Bupati. Semoga program Bapak Bupati untum ketahanan pangan dapat kami wujudkan sekaligus untuk meningkatkan perekonomian kami,” jelas Roi Pandiangan.

“Ada kebanggaan tersendiri bagi kami atas perhatian Bapak Bupati, kunjungan Bapak langsung turun ke lokasi pertanian kami ini suatu penyemangat bagi kami. Semoga program ketahanan pangan ini terwujud dengan baik,” ucap Pande Hutauruk sebagai perwakilan masyarakat Desa Hutauruk Habinsaran.

Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan dan Anggota DPRD Ombun Simanjuntak mengharapkan masyarakat mampu memaksimalkan apa yang telah diberikan Pemerintah. “Program Bupati ini suatu loncatan bagi kita untuk maju, mari kita kembangkan dengan baik untuk kemajuan kita bersama,” ajak Poltak Pakpahan.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *