Mobil Treatment Polri Salurkan Air Bersih untuk Korban Banjir Bandang Lutra

IMG-20240409-WA0076

Lutra, TRIBRATA TV

Berkat mobile water treatment milik Polri, warga di lokasi pengungsian korban banjir bandang di Luwu Utara, Sulsel, tidak lagi kesulitan air bersih.

IMG-20240227-124711

Rabu kemarin (12/8/2020), mobil tersebut menyalurkan air bersih siap konsumsi di Jalan poros Malangke Desa Laba, Kecamatan Masamba, Luwu Utara.

Penyaluran dilakukan oleh personel Polres Luwu Utara bersama BKO Sat Brimob Polda Sulteng.

Kasubbag Humas Polres Luwu Utara Iptu Abdul Latif berharap semoga dengan adanya mobil water treatmen ini dapat membantu warga yang kesusahan mencari air bersih.

“Dan semoga apa yang dilakukan oleh Polres Luwu Utara bersama BKO Sat Brimob Polda Sulteng dapat membantu dan meringankan beban hidup warga,” ucap Abdul Latif.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa air yang berasal dari mobil tangki ditampung dalam wadah yang disebut open flexy tank.

“Intinya, mobil ini dengan 15 kali penyaringan, ia menghasilkan air minum. Untuk air bersih, dia 9 kali penyaringan, selain untuk minum, air digunakan untuk mandi, untuk (mencuci) baju dan peralatan makan di sini,” terang Ibrahim.

Kendaraan mobile water treatment ini kata Ibrahim, dioperasikan setiap hari dalam satu menit kendaraan ini menghasilkan 30 liter air bersih jika bahan dasarnya air tawar.

“Jika ditanya sehat atau tidak, kita cek particel per million dari air hasil penyaringan ini di bawah 25. Artinya, air ini layak di minum karena menurut WHO standarnya di bawah 30,” kunci Ibrahim. (heri)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *